by

Reses di RM Tip Top, H Haris Jelaskan Aturan Baru Pemasangan PJU dan SIPD

BALIKPAPAN,suarabalikpapan.com-Ketua Komisi II DPRD Kota Balikpapan, H Haris melakukan kegiatan reses Masa Sidang I/2021, dengan menerapkan protokol kesehatan (prokes) di Rumah Makan  (RM) Tip Top, Kelurahan Prapatan, Balikpapan Kota, pada Selasa (2/3/2021).

Anggota DPRD Dapil Balikpapan Kota dari Fraksi PDI Perjuangan ini mengatakan, reses kali ini merupakan reses pertama di awal tahun 2021 yang dihadiri puluhan masyarakat dengan menerapkan protokol kesehatan.

“Jadi kegiatan reses ini bertujuan untuk menyerap aspirasi masyarakat sesuai kebijakan pembangunan Kota Balikpapan,” kata H Haris, dihadapan puluhan peserta reses.

Ia menjelaskan, usulan  reses tahun ini berbeda dengan tahun sebelumnya. “Kalau tahun sebelumnya warga bisa mengusulkan langsung ke anggota dewan, namun sekarang harus melalui  Sistem Informasi Pembangunan Daerah (SIPD) karena sekarang ini harus ada sinkronisasi dari bawah sampai ke atas,” ujar Haris.

“Saat ini harus tersistem mulai dari RT ke kelurahan hingga ke kecamatan kemudian bisa di usulkan ke setiap anggota DPRD, untuk sementara saat ini saya bisa membantu 11 RT yang ada di Kecamatan Balikpapan Kota. Dan yang belum terkaver di DPRD Kota akan diusulkan melalui DPRD provinsi. Tetapi itu usulan yang sudah masuk di SIPD 2021 bisa terealisasi di tahun 2022,” terangnya.

Dalam reses kali ini, warga mempertanyakan pengadaan penerangan jalan umum (PJU). Menurut Haris,  terdapat aturan baru tentang pemasangan PJU yaitu jalan lingkungan dengan lebar  jalan 1 sampai 3 meter merupakan wewenang kelurahan yang sebelumnya ditangani Dishub. Sedangkan Dishub menangani  PJU dengan lebar jalan mulai 4 sampai 8 meter.

“Jadi setiap RT harus ada usulan sebelumnya kepada kelurahan sehingga kita bisa anggarkan. Tetapi kalau tidak ada usulan kita tidak berani merealisasikan hal tersebut karena tidak ada anggaranya,” tandasnya.

Turut hadir dalam kegiatan reses anggota DPRD Kaltim Dapil Balikpapan dari Fraksi PDI Perjuangan H Baba, Sekcam Balikpapan Kota, Lurah Klandasan Ilir, Lurah Klandasan Ulu, Lurah Damai, perwakilan DPU, LPM, RT serta puluhan undangan lainya.(sb-02)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berita terkini