by

Resmikan TPS Kontainer di Karang Jati, Nelly Ingatkan Warga Patuhi Prokes Covid-19

BALIKPAPAN,suarabalikpapan.com-Bertepatan dengan peringatan HUT ke-125 Kota Balikpapan, Anggota Komisi III DPRD Balikpapan Nelly Turuallo menghadiri peresmian sekaligus penyerahan Tempat Pembuangan Sampah (TPS) Kontainer di kawasan Jalan Panorama, RT 20  Kelurahan Karang Jati, Balikpapan Tengah, pada Kamis (10/2/2022) pagi. Pembangunan TPS  ini menggunakan dana APBD Kota Balikpapan 2021.

Ketua Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM) Kelurahan Karang Jati, Suratman dalam sambutanya berterima kasih atas pengadaan TPS kontainer tersebut di wilayahnya. “Saya mengucapkan terima kasih kepada Ibu Nelly Turuallo yang telah memperjuangkan pengadaan TPS kontainer ini untuk menjaga kebersihan di Karang Jati,” ujar Suratman.

Dirinya berharap TPS ini dilengkapi dengan penerangan sebab kondisi TPS agak gelap pada malam hari. “Semoga dilengkapi lampu penerang,” pinta Ratman panggilan akrab Suratman.

Hal senada diungkapkan Sekretaris Lurah (Seklur) Karang Jati Asmiati, pihaknya sangat berterima kasih terhadap pengadaan TPS kontainer tersebut. “Kami sangat berterima kasih dengan adanya pengadaan TPS ini sebab sangat berguna bagi masyarakat untuk menjaga kebersihan lingkungan sekitar dari sampah yang berserakan,” terangnya.

Kabid Kebersihan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Balikpapan Muhammad Yusuf yang hadir dalam acara tersebut juga mengapresiasi pengadaan TPS Kontainer. “Saya kira TPS kontainer ini cukup baik sebab mudah untuk dipindah-pindah,” katanya.

Diakui Yusuf, keberadaan TPS sangat penting bagi warga agar tidak membuang sampah di sembarang tempat. “Apalagi di masa pandemi saat ini jumlah sampah mengalami peningkatkan seiring dengan peningkatan jumlah penduduk sehingga volume sampah yang dibuang masyarakat ke TPA sepanjang tahun 2021 mencapai 390 ton per hari,” ujarnya.

Untuk jenis sampah, aku Yusuf sebagian besar sampah kemasan sebab saat pandemi Covid-19 mayoritas warga memesan makanan atau takeaway. “Makanya kami gencar melakukan sosialisasi kepada masyarakat untuk rajin memilah sampah dan tidak membuang sampah sembarangan,” tandasnya.

Anggota Komisi III DPRD Balikpapan Nelly Turuallo berfoto bersama di sela-sela peresmian TPS Kontainer di kawasan Jalan Panorama, RT 20  Kelurahan Karang Jati

Sementara itu, anggota DPRD Balikpapan Nelly Turuallo mengajak kepada masyarakat Karang Jati agar bersama-sama menjaga dan merawat TPS kontainer tersebut. “Saya mohon maaf kepada warga Karang Jati karena pengadaan TPS kontainer agak sedikit terlambat sebab pemerintah kota melakukan refocusing anggaran untuk penanganan Covid-19. Tapi insyaallah berkat perjuangan saya yang tidak henti-hentinya akhirnya pengadaan TPS ini bisa terwujud. Saya berharap barang ini dirawat dengan baik,” pinta anggota DPRD Dapil Balikpapan Tengah ini.

Nelly mengajak, pihak kelurahan, LPM, ketua-ketua RT serta instansi yang peduli terhadap kebersihan lingkungan agar terus mengedukasi masyarakat tentang pentingnya membuang sampah pada tempatnya. “Saat ini  DPRD Balikpapan telah melakukan revisi Perda Nomor 13 Tahun 2015 tentang Sampah, Sampah Rumah Tangga dan Sejenisnya. Di dalam perda ini ada sanksi bagi masyarakat yang membuang sampah sembarangan berupa sanksi sosial. Makanya marilah kita bersama-sama menjaga kebersihan lingkungan sekitar,” terang politisi Partai Golkar ini.

“TPS Kontainer ini merupakan usulan 7 RT di Karang Jati kepada saya. Lalu saya perjuangkan lewat aspirasi saya untuk dialokasikan pada APBD Kota Balikpapan 2021 guna dipakai beramai-ramai oleh warga Karang Jati,” aku perempuan murah senyum ini.

Pada kesempatan tersebut Nelly juga mengingatkan masyarakat agar mematuhi protokol Kesehatan (prokes) Covid-19 sebab varian baru Covid-19 Omicron kasusnya mengalami lonjakan belakangan ini. “Marilah kita bersama-sama menjaga prokes untuk mencegah meluasnya penyebaran kasus Covid-19 di Kota Balikpapan,” pungkasnya.(sb-01)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Berita terkini