by

Retribusi APK Dewan Usul Agar Dibuat Perda

SANGATTA,suarabalikpapan.com–DPRD Kutai Timur berencana membuat Peraturan Daerah (Perda) Retribusi Alat Pemadam Kebakaran (APK).
Ketua Komisi C DPRD Kutim Ramadani mengatakan, pendapatan daerah bisa ditingkatkan melalui Perda APK. “Melihat banyaknya perusahaan yang beroperasi di Kutim, perlu perda untuk penarikan retribusi APK,” kata Ramadhani, kemarin.
Menurutnya, Pemkab Kutim bisa mencotoh Kota Samarinda yang
mengatur Perda Retribusi APK. Anggota DPRD dari PPP ini menilai, Perda Retribusi APK Kota Samarinda telah berhasil meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD).
Dijelaskan Ramdhani, melalui Dinas Pemadam Kebakaran nantinya akan melakukan pengecekan setiap APK baik alat pemadam api ringan (APAR), fire alarm dan instrumen proteksi kebakaran lainnya di perusahaan.
“Dalam pengecekan nantinya, perusahaan wajib membayar pajak untuk setiap alat pemadam kebakaran, dan tentunya hasil pajak tersebut nantinya akan menjadi kas daerah,” terangnya. Untuk itu dirinya berharap perda tersebut bisa terealisasi agar PAD Kutim dapat mengalami peningkatkan.(Adv/sb-05)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berita terkini