by

Safari Ramadan di Masjid At Taqwa, Wali Kota Rizal Effendi Ingatkan Masyarakat Tetap Patuhi Prokes

BALIKPAPAN,suarabalikpapan.com-Pemerintah Kota Balikpapan menggelar Safari Ramadhan di Masjid At Taqwa, Kelurahan Klandasan Ulu, Balikpapan Kota, Senin  (03/4/2021) malam. Kegiatan Safari Ramadan ini diawali vaksinasi terhadap lansia, buka puasa bersama,  salat isya serta tarawih berjamaah.

Wali Kota Balikpapan Rizal Effendi dalam sambutanya mengatakan, seluruh dunia saat ini sedang menghadapi Covid-19. “Bagi kita umat muslim Pandemi Covid-19  bisa menjadi cobaan dan juga bisa jadi hukuman dari Allah SWT. Karena itu satu satunya obat yang kita lakukan adalah meningkatkan amal ibadah kita, memohon ampun kepada Allah SWT, yang kedua berikhtiar agar Pandemi Covid-19 segera berakhir,” harapnya.

Wali Kota mengungkapkan, konsep menghadapi Covid-19 di seluruh dunia sama yaitu menjalankan protokol kesehatan, yang kedua melakukan vaksinasi. Arahan dari presiden warga yang berusia 18 tahun ke atas harus di vaksin terutama yang berusia lanjut karena rentan terkena virus Covid-19. “Untuk di kota Balikpapan baru 50 ribu warga yang sudah melakukan vaksinasi, padahal warga yang usia 18 tahun ke atas ada 400 ribu lebih jadi baru 10 persen yang sudah di lakukan vaksinasi,” akunya.

Karena jumlah vaksinnya terbatas jadi, kata Rizal, dilakukan secara bertahap. Vaksin sendiri tidak 100 persen mujarab, tingkat kemujarapan vaksin itu hanya 6,5 persen, jadi ada 3,5 persn yang tidak mujarab oleh karena itu protokol kesehatannya tetap di jalankan. Perlu di ketahui Surat Edaran Menteri Agama dalam pelaksanaan Idulfitri 2021, boleh dilakukan di masjid boleh dilakukan di lapangan akan tetapi lebih amannya di lakukan di rumah.

“Jadi satgas covid Kota Balikpapan mengambil keputusan salat Idulfitri hanya boleh di lakukan di masjid dan musala, lalu kita menganjurkan kepada yang lansia dan anak-anak kalau bisa salatnya di rumah saja,” pintanya.

“Jadi kita harus tetap waspada jangan sampai terjadi seperti di negara India yang jumlah kasus Covid-19 sangat tinggi. Yang tidak terbayangkan oleh kita satu hari sampai 400 ribu orang yang terkonfirmasi positif Covid-19. Setiap 5 menit satu orang yang meninggal dunia. Semoga apa yang terjadi di negara India tidak terjadi di negara kita, kita sama sama-sama berdo’a semoga pandemi Covid-19 segera berakhir,” harapnya.(sb-02)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

24 views

Berita terkini