Kota Balikpapan

Sambut Rakernas XVII/2024, Apeksi Launching ICE ke-20 di Hotel Novotel Balikpapan

129
×

Sambut Rakernas XVII/2024, Apeksi Launching ICE ke-20 di Hotel Novotel Balikpapan

Share this article
Wali Kota Balikpapan Rahmad Mas’ud saat membawakan sambutan pada launching ICE ke-20 di Hotel Novotel Balikpapan, pada Kamis (29/02/24)

BALIKPAPAN,suarabalikpapan.com-Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (Apeksi) dan Pemerintah Kota (Pemkot) Balikpapan melaunching Indonesia City Expo (ICE) ke-20 di Hotel Novotel Balikpapan, pada Kamis (29/02/24).

Kegiatan yang dirangkai pengambilan nomor urut pawai budaya ini dalam rangka menyambut Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Apeksi XVII/2024 yang akan digelar Gedung Balikpapan Sport & Convention Center (BSCC) Dome, mulai 3 sampai 6 Juni 2024 dengan tema “Kota Sejahtera, Indonesia Maju”
Saat launching ICE ke-20  Wali Kota Balikpapan Rahmad Mas’ud didampingi Direktur Eksekutif Apeksi Alwis Rustam, Ketua Dewan Pengurus Apeksi yang juga Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi serta Wali Kota dan perwakilan kota se-Indonesia.
Direktur Eksekutif Apeksi Alwis Rustam berharap rangkaian kegiatan Apeksi kali ini dihadiri Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian dan pejabat kementerian lainnya. Menurutnya, kegiatan ICE ke-20 dan Rakernas Apeksi akan ada sharing season hingga advokasi kebijakan yang sudah disampaikan kepada tiga calon preiden (capres) saat Rakernas Apeksi di Makassar 2023 lalu.
“Bahkan sekarang ada terobosan dari ketua Apeksi bahwa tidak hanya bersurat maupun audiensi kepada presiden dan kementerian. Tapi juga memberikan contoh. Membuat aplikasi dan bahan advokasi yang kuat di Apeksi sehingga Kementerian bisa mencontoh,”ujarnya.
Sementara itu Ketua Dewan Pengurus Apeksi yang juga Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi mengatakan, rangkaian acara ICE dan Rakernas Apeksi segera dimatangkan. Sebab apa yang dilaksanakan Apeksi ini dapat berguna bagi daerah lain.
“Kami ingin Apeksi ini berguna untuk negeri,”harapnya. Ia menuturkan, setiap kota di Indonesia memiliki keunggulan sehingga  kelebihan setiap kota bisa kita satukan lewat Apeksi.
Sementara itu, Wali Kota Balikpapan Rahmad Mas’ud mengatakan, selaku tuan rumah Balikpapan memiliki peran dan posisi strategis karena sangat dekat dengan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara di Sepaku, Penajam Paser Utara (PPU). Melalui Rakernas Apeksi XVII, Ia berharap para peserta yang hadir tak cuma membahas persoalan sektoral di dalam asosiasi, tetapi juga berkolaborasi untuk menyukseskan pembangunan IKN di Kaltim. Salah satunya berkolaborasi dengan Kota Balikpapan untuk pemenuhan kebutuhan bahan pokok seperti beras, daging serta sayur-mayur.
“Mayoritas bahan pokok di Balikpapan masih didatangkan dari luar daerah seperti pulau Jawa dan Sulawesi. Contoh beras 99,9 persen didatangkan dari luar. Di sinilah pentingnya kolaborasi dengan kota lain untuk menyukseskan pembangunan IKN,”ujarnya.
Pelaksanaan ICE ke-20 dipusatkan di Gedung BSCC Dome ini akan menampung 150 stand pameran, 10 foodtruck, 40 stan smedev kuliner dan 20 stan semedev fair UMKM. Sedangkan rangkaian kegiatan di antaranya gala dinner dan Rakernas, Indonesia City Expo, pentas seni budaya nusantara serta pawai budaya nusantara.(adv/kominfo-bppn/sb-02)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *