Provinsi Kaltim

SDN 016 Samarinda Ulu Aktif Mengelola Perpustakaan Sekolah

40
×

SDN 016 Samarinda Ulu Aktif Mengelola Perpustakaan Sekolah

Share this article
Murid SDN 016 Samarinda Ulu mengisi waktu istirahat dengan bermain karena keterbatasan ruang perpustakaan sekolah

SAMARINDA,suarabalikpapan.com–Pustakawan Mita Cressar, SE dan Datin Puspita, S.Ag mewujudkan budaya literasi membaca di sekolah Dasar Negeri 016 jalan Suryanata Samarinda Ulu dengan bermodal tekad ditengah keterbatasan ruang , sumberdaya dan pengetahuan mengelola perpustakaan yang kini telah menggunakan aplikasi teknologi.  

Mita menuturkan banyak siswa di SDN 016 yang ketika jam istirahat memanfaatkan waktu luang dengan mengunjungi perpustakaan sekolah. Namun karena ruang yang kecil hanya berukuran 18 meter persegi dan koleksi buku yang terbatas, akhirnya siswa harus bergantian memanfaatkan perpustakaan.  
“Ruang dan koleksi buku di perpustakaan ini masih sangat terbatas sekali,” ucapnya.   Disisi pengelolaan perpustakaan ini juga belum dikelola secara modern dengan aplikasi teknologi perpustakaan seperti di perpustakaan milik Pemkot Samarinda atau Pemprov Kaltim.
Koleksi buku di perpustakaan SDN 016 hanya dicatat dan didata secara manual. Dengan modal stempel perpustakaan buku-buku hanya distempel sebagai tanda milik perpustakaan sekolah.   “Buku-buku yang ada hanya sebatas di stempel belum dilakukan pengkodean, kami belum tahu program aplikasi yang digunakan” terang Mita.  
Mita mengaku pernah ikut Bimbingan teknis Pengelola Perpustakaan di Dinas Perpustakaan Kota Samarinda di jalan Kesuma Bangsa, pada tanggal 18 Oktober 2022 lalu, tapi sampai sekarang tidak ada pembinaan lanjutan dari Dinas Perpustakaan.    
“Kami tidak tau, apa saja yang harus kami kerjakan untuk bisa menjadi perpustakaan sekolah yang ideal, bisa mendapat nomor induk perpustakaan dan bisa akreditasi,” ungkapnya lirih.  
Ditengah Keterbatasan, mereka cukup bersyukur, sekolah sudah memiliki perpustkaan walaupun dikelola di tengah keterbatasan  seperti menata buku dengan rapi sesuai klasifikasi yang menurut sepengetahuan mereka.  
“Sejak Bu Aminem jadi Kepala SDN 016 tahun 2019, dari tidak ada ruangan khusus perpustakaan, hingga kini memiliki perpustakaan kecil dan koleksi buku, kami terus bertekad mengembangkan budaya literasi membaca,”  tambah Datin Puspita yang juga bertugas sebagai guru Agama di sekolah ini.  
Mereka pun berharap bersama siswa SDN 016 dapat berkunjung ke perpustakaan Kota Samarinda di jalan Kusuma Bangsa dan Provinsi Kaltim yang ada di jalan Juanda Samarinda, untuk melihat dari dekat pengelolaan dan koleksi buku perpustakaan.(sb-02/adv/dpk-kaltim)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *