DISKOMINFO KALTIM

Sekda Sri Ingatkan Peserta STQH agar Fokus Melatih Diri sebelum Lomba

34
×

Sekda Sri Ingatkan Peserta STQH agar Fokus Melatih Diri sebelum Lomba

Share this article
Sekda Provinsi Kaltim Sri Wahyuni berfoto bersama peserta seleksi Tilawatil Qur'an dan Musabaqah Alhadits (STQH) Nasional XXVII Provinsi Jambi

SAMARINDA,suarabalikpapan.com-Sekretaris Daerah Provinsi Kaltim, Sri Wahyuni memotivasi agar selalu semangat dan fokus mengikuti seleksi Tilawatil Qur’an dan Musabaqah Alhadits (STQH) Nasional XXVII Provinsi Jambi. “Dalam event seperti ini jangan grogi dan tidak gentar, kita harus sabar (tenang) dan kendalikan diri. Kan sudah berlatih dan mengikuti TC (training centre), pemusatan latihan dan uji coba,” ungkap Sekda Sri Wahyuni di Ruang Serbaguna Pujasera Jelutung Corner Kota Jambi, Minggu (29/10/2023).

Dihadiri Kepala Kanwil Kementerian Agama Kaltim Abdul Kholik, Ketua Baznas H Ahmad Nabhan, Ketua PWNU Kaltim Fauzi Bahtar, pengurus PW Muhammadiyah Kaltim dan PW DDI Kaltim, kembali Sekda mengingatkan peserta agar fokus melatih diri sebelum lomba, termasuk kurangi bermain handphone (game).
“Banyak berdoa, dan komunikasikan segera jika ada masalah. Cepat beradaptasi ya,” katanya.
Tidak kalah pentingnya, Ketua LPTQ Kaltim ini meminta kafilah Benua Etam agar terus mengenalkan dan menggaungkan Ibu Kota Nusantara (IKN) kepada siapa pun selama mengikuti ajang STQH Nasional Jambi, 30 Oktober – 8 November 2023.
“Jangan lupa adik-adik, bapak ibu adalah wakil-wakil Kaltim dan IKN saat ini. Jelaskan kepada masyarakat Indonesia yang datang tentang IKN, dan bagaimana upaya keras Kaltim membangun bangsa,” tegasnya. Dikesempatan ini, Sekda Sri menjelaskan dirinya tidak bisa mengikuti rangkaian STQH hingga akhir, namun tetap menghadiri pawai ta’aruf dan menyaksikan lomba, selain menghadiri pembukaan STQH oleh Wakil Presiden RI Ma’ruf Amin, Senin (30/10/2023) malam.
“Saya ijin harus kembali Selasa, 31 Oktober siang ya,” tuturnya. Usai bersilaturahim dengan kafilah STQH Kaltim, Sekda Sri Wahyuni didampingi Kakanwil Kemenag Abdul Kholik dan Karo Kesra Dasmiah menghadiri Malam Ta’aruf STQH Nasional XXVII di Pendopo Rumah Dinas Gubernur Jambi.
Mewakili Menteri Agama, Direktur Jenderal Bimbingan Masyarakat Islam Kemenag Profesor KH Phil Kamaruddin Amin mengatakan STQH merupakan salah satu wasilah (ekosistem) untuk menjaga dan merawat Alqur’an.
“Kondisi ini adalah kekhasan Islam bangsa Indonesia yang disyiarkan dan dilaksanakan mulai dari desa, kecamatan, kabupaten dan kota, provinsi hingga nasional. Bahkan keterlibatan Pemerintah sangat luar biasa dan tidak ada di negara lain,” jelasnya. Ketua Umum LPTQ Nasional ini pun menyampaikan apresiasi kepada seluruh ketua dan pengurus LPTQ se Indonesia yang terus berkomitmen melaksanakan event secara nasional. “Ini harus disyukuri dan dibanggakan, karena kita bagian dari merawat ekosistem yang telah Allah ciptakan, Alquran dan Alhadist,” imbuhnya.
Malam ta’aruf juga dirangkai penyerahan bendera pataka LPTQ dari Sekretaris Umum LPTQ Nasional kepada Wakil Gubernur Jambi, serta penyerahan trofi bergilir Presiden RI kepada Gubernur Jambi selaku tuan rumah STQH Nasional 2023. Hadir Gubernur Jambi Dr H Al Haris dan Wagub KH Abdullah Sani, Forkopimda Jambi, Imam Besar Masjid Istiqlal Jakarta KH Nazaruddin Umar, mantan Menag KH Said Agil Husin Al Munawar, para Ketua LPTQ dan Kanwil Kemenag se Indonesia.(adv/sb-02/diskominfokaltim)  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *