Provinsi Kaltim

Sekda Targetkan April-Mei Terbit SK Warisan Geologi

42
×

Sekda Targetkan April-Mei Terbit SK Warisan Geologi

Share this article
Sekretaris Daerah Provinsi Kaltim Sri Wahyuni

BANDUNG,suarabalikpapan.com-Sekretaris Daerah Provinsi Kalimantan Timur Sri Wahyuni menghadiri Sosialisasi Petunjuk Teknis (Juknis) Pengusulan Penetapan, Pemantauan dan Evaluasi Taman Bumi (Geopark) Nasional yang di gelar di Auditorium Badan Geologi Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Bandung, baru-baru ini.

“Ada perubahan ketentuan juga mekanisme, tidak jauh berbeda sebenarnya dengan mekanisme sebelumnya tapi ini timeline nya lebih rigid, ada skema waktu berjangka untuk pengusulan geopark,” kata Sekda Sri Wahyuni dikutip suarabalikpapan.com  dari berita adpimprovkaltim. Misalnya, jelas dia, pengusulan geopark itu paling lambat tahun ini mulai September, jika lewat dari September maka akan di proses usulannya pada tahun depan. Proses dari proposal usulan geopark, kemudian proses verifikasi sampai proses penetapan, itu memakan waktu hampir satu setengah tahun.
“Jadi jika kita mengusulkan sampai September tahun ini, maka penetapan geopark itu baru bisa dilakukan pada Desember 2024. Ada skema cukup panjang untuk proses itu,” jelasnya.
Sementara, lanjut dia, untuk pengusulan geopark, harus memenuhi penetapan warisan geologi terlebih dahulu. “Dari materi yang disampaikan ada petunjuk teknis yang baru untuk memudahkan dalam pengusulan geopark. Itu juga akan sangat membantu apa yang harus dipersiapkan, apa-apa yang belum siap sesuai dengan petunjuk teknis,” tambahnya.
Sekda Sri Wahyuni mengatakan setelah kegiatan sosialisasi, dirinya berdiskusi dengan Badan Geologi yang menangani warisan geologi dan anggota dewan pakar Komite Nasional Geopark Indonesia (KNGI) terkait proses Kaltim untuk warisan geologi yang diusulkan sedang berproses saat ini. Dimana ada kendala terkait kesepakatan batas wilayah antara Kabupaten Berau dan Kutai Timur.
“Sudah ada rapat antara kedua belah pihak tetapi penetapannya masih menunggu keputusan atau penetapan melalui Peraturan Mendagri. Kita coba nanti mungkin akhir Maret kita akan duduk bersama, Badan Geologi, Pemkab Berau, Kutim, Pemprov Kaltim. Kita juga akan undang Kemendagri. Jika ini sudah ditetapkan maka sudah lebih mudah untuk penetapan warisan geologi. Target kita sebelum September, penetapan warisan geologi pada April atau Mei, kita sudah dapat SK menteri tentang warisan geologi,” urainya.
“Saat ini kita juga sedang menyusun proposal untuk mengusulkan Geopark Sangkulirang – Mangkalihat itu yang timelessnya September. Itu yang kita kejar supaya kita bisa masuk agenda yang ditentukan. Yang jelas setelah tadi sosialisasi kita akan berkoordinasi intensif lagi untuk mengawal proses ini, hingga terbit SK penetapan warisan geologi,” pungkasnya.
Pada kesempatan ini, Sekda Sri Wahyuni didampingi Tim Penyusun Dokumen Geopark, yaitu Faried Rahmany (Penyelidik Bumi Ahli Muda) dan Dwi Prasetyo (Tenaga Teknis/Non Teknis) dari Dinas ESDM Kaltim, serta Arief Abdurrahman Hakim dari Universitas Gadjah Mada. (sb-02/adv/kominfo-kaltim)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *