Seluruh Fraksi Setuju Ranperda Pertanggungjawaban APBD Balikpapan 2021

BALIKPAPAN,suarabalikpapan.com-DPRD Balikpapan menggelar rapat paripurna Penyampaian Pendapat Akhir Fraksi DPRD Terhadap Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) tentang Pertanggungjawaban Pelaksanaan APBD Kota Balikpapan Tahun Anggaran 2021, di Lantai 2 Gedung DPRD Balikpapan, pada Senin (25/7/2022).

Rapat yang dipimpin Ketua DPRD Abdulloh ini mendengarkan tanggapan 7 fraksi DPRD Balikpapan terkait pertanggungjawaban APBD Balikpapan 2021. Ketujuh fraksi tersebut meliputi Fraksi Golkar, Fraksi PDI Perjuangan, Fraksi Gerindra, Fraksi PKS, Fraksi Demokrat, Fraksi Gabungan Nasdem-PKB dan Fraksi Gabungan PPP-Perindo. Semua fraksi tersebut menerima Pertanggungjawaban Pelaksanaan APBD Kota Balikpapan Tahun Anggaran 2021.

Kendati demikian, ada beberapa catatan yang harus menjadi perhatian dari  Pemkot Balikpapan, diantaranya tingginya Sisa Lebih Pengguna Anggaran (Silpa) 2021 sebesar Rp 556,77 miliar. Selain itu, sejumlah fraksi juga menyoroti pemasangan sambungan baru air bersih yang dikelola Perumda Tirta Manuntung Balikpapan, adanya aset milik pemerintah daerah terbengkalai serta minimnya pembangunan SMP di wilayah Balikpapan Tengah dan Balikpapan Timur.

Kemudian normalisasi Daerah Aliran Sungai (DAS) Ampal yang menyebabkan banjir di kawasan Beler dan Jalan MT Haryono. Dewan meminta kepada Pemkot agar berkoordinasi dengan Pemprov Kaltim dan Pemerintah Pusat untuk pembiayaan.

Ketua DPRD Abdulloh menambahkan, pandangan fraksi-fraksi DPRD terhadap Pertanggungjawaban Pelaksanaan APBD Kota Balikpapan Tahun Anggaran 2021 pada Senin (25/7/2022) merupakan pandangan terakhir. Sebab segala saran yang disampaikan dalam rapat paripurna sebelumnya telah dijawab oleh Wali Kota Balikpapan Rahmad Mas’ud.(sb-03)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *