Kabupaten Paser

Sosialisasi Gerakan Selamatkan Pangan, Ketua PKK Paser Sinta Fahmi Fadli Sampaikan Beberapa Tips

769
×

Sosialisasi Gerakan Selamatkan Pangan, Ketua PKK Paser Sinta Fahmi Fadli Sampaikan Beberapa Tips

Share this article
Ketua TP PKK Kabupaten Paser Sinta Fahmi Fadli (keenam dari kanan) dan narasumber berfoto bersama di sela-sela Sosialisasi Gerakan Selamatkan Pangan di Hotel Kryad Sedurengas, Tanah Grogot, Kamis (20/6/2024).

TANA PASER,suarabalikpapan.com-Dinas Pangan, Tanaman Pangan dan Hortikultura (DPTPH) Provinsi Kaltim bekerjasama dengan Dinas Ketahanan Pangan (Distapang) Kabupaten Paser menggelar Sosialisasi Gerakan Selamatkan Pangan (Food Waste) di Hotel Kryad Sedurengas, Tanah Grogot, Kamis (20/6/2024).
Gerakan ini bertujuan mendukung upaya menurunkan kerawanan pangan dan gizi dengan memanfaatkan makanan berlebih.
Untuk mencapai tujuan gerakan ini, maka perlu sinergi dan kolaborasi bersama seluruh pemangku kepentingan (stakeholders) di pusat dan daerah.
Pemerintah berperan strategis mengkoordinasikan, menetapkan kebijakan dan mensosialisasikan Gerakan Selamatkan Pangan serta melakukan upaya intervensi.
Kepala Dinas PTPH Provinsi Kaltim Ir Siti Farisyah Yana, M.Si diwakili Kabid Ketersediaan dan Distribusi Pangan Amaylia Dina Widyastuti, SP, M.Si menyampaikan untuk gerakan selamatkan pangan, Pemprov Kaltim telah menerbitkan Surat Edaran Gubernur Kaltim Nomor 000.8.6.3/11377/EK tanggal 3 Juli 2023 tentang upaya selamatkan pangan sebagai bentuk komitmen Kaltim dalam upaya pencegahan food waste.
Ketua Tim Penggerak (TP) PKK Kabupaten Paser Sinta Fahmi Fadli yang hadir dalam sosialisasi ini menyampaikan beberapa tips untuk selamatkan pangan.
Menurutnya, sebagai pemimpin wanita khususnya di Kabupaten Paser bahkan di Kaltim ia bertekad dan berkomitmen selamatkan pangan untuk mencegah kerawanan pangan dan gizi.
Sosialisasi ini menghadirkan narasumber Prof DR Bernatal Siragih dari Universitas Mulawarman. Kepala Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Paser Taharudin dan DPTPH Provinsi Kaltim, memberikan apresiasi dan terimakasih atas semangat dan komitmen untuk mengimplementasikan Gerakan Selamatkan Pangan di Kabupaten Paser dan Kaltim pada umumnya.
Sosialisasi ini diikuti peserta dari OPD di lingkungan Pemkab Paser, Perguruan Tinggi, Baznas, PHRI, PPJI, BEM Mahasiswa, Kepala Sekolah SMP-SMA, Indomaret, Alfamidi dan pengelola catering/UMKM Pangan.(sb-06)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *