DPRD Balikpapan

Syarifuddin Oddang Dorong Pemkot Perbanyak Kelompok Gerakan Bersih Pantai

25
×

Syarifuddin Oddang Dorong Pemkot Perbanyak Kelompok Gerakan Bersih Pantai

Share this article
Anggota DPRD Balikpapan Syarifuddin Oddang

BALIKPAPAN,suarabalikpapan.com-Berdasarkan data proyeksi timbulan sampah dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) 2017-2025 terus mengalami peningkatan. Jumlah sampah yang terkelola 13,99%, tidak terkelola 19,62% dan sisanya mencapai 66,39% berakhir di TPA. Hal ini berpotensi kebocoran sampah ke laut. Demikian diungkapkan Anggota Komisi III DPRD Kota Balikpapan Syarifuddin Oddang kepada awak media di Gedung Parlemen, baru-baru ini.

Menurut Ketua DPC Hanura Balikpapan ini, permukiman warga Balikpapan mayoritas berada di daerah pinggiran pantai sehingga rawan terjadi timbulan sampah ke laut. “Untuk itu, perlu dicarikan solusinya, kami mendorong kepada OPD Dinas Lingkungan Hidup (DLH) agar lebih banyak lagi membentuk kelompok gerakan bersih pantai,” kata Oddang.
Tujuan pembentukan kelompok gerakan bersih pantai,  kata Oddang yaitu, menumbuhkan dan meningkatkan kesadaran masyarakat dalam memelihara lingkungan guna mengurangi sampah. “Walaupun menurut Undang-Undang Nomor 27 Tahun 2007 tentang Pengelolaan Wilayah Pesisir dan Pulau-Pulau Kecil adalah wewenang pemerintah provinsi,”ujar Anggota DPRD Dapil Balikpapan Utara ini.(sb-03).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *