by

Thohari Pastikan Budiono Jabat Wakil Ketua DPRD, Pantun Gultom Menuju Gedung Parlemen

-Politik-51 views

BALIKPAPAN,suarabalikpapan.com-Teka-teki siapa yang akan menggantikan Wakil Ketua DPRD Thohari Aziz yang mengundurkan diri dari legislatif karena maju pada Pilkada Balikpapan 2020 akhirnya diungkapkan sendiri oleh Thohari Aziz.

“Yang gantikan saya sebagai anggota DPRD yaitu saudara Pantum Gultom peraih suara terbanyak kedua di Dapil Balikpapan Selatan. Sedangkan pengganti saya selaku Wakil Ketua DPRD yaitu saudara Sekretaris DPC PDI Perjuangan Balikpapan Budiono yang telah menjabat dua periode sebagai anggota DPRD Balikpapan,” kata Thohari, kepada awak media, usai melakukan penanaman pohon di kawasan Taman Damai III, Kelurahan Gunung Bahagia, Balikpapan Selatan, Minggu (10/1/2021).

Menurutnya, ada enam calon pengganti dirinya selaku Wakil Ketua DPRD Balikpapam yang direkomendasikan ke Dewan Pimpinan Pusat (DPP) PDI Perjuangan untuk dipilih.

“Calonnya sudah dilakukan fit and proper test oleh DPP. Kalau administrasi dari partai sudah selesai, DPRD juga sudah. Jadi tinggal menunggu SK dari Gubernur. Saya sich berharap segera dilantik agar tidak terlalu lama kosong,” ujar Thohari.

Pada kesempatan tersebut Thohari berperan kepada pengganti dirinya agar amanah dan benar-benar bekerja untuk kepentingan rakyat, partai, dan mau berkorban waktu, tenaga, pikiran hingga material.

 “Saya berharap para pengganti saya amanah kepada partai, rakyat, bekerja dengan baik sesuai dengan undang-undang-undang dan peraturan yang berlaku dan dan tentunya bisa betul-betul menjaga marwah partai. Kemudian menjaga kepercayaan masyarakat kerja dengan ikhlas,  tulus, dan harus siap berkorban waktu, tenaga pikiran, material.  Buka hanya anggota dewan tetapi juga keluarganya harus berkorban karena akan banyak waktu dan pikiran yang harus diberikan kepada rakyat dimasa Pandemi Covid-19 saat ini. Saya juga berharap yang menjadi pengganti lebih baik dari saya,” pinta Thohari.

Sementara itu, Budiono selaku calon pengganti Wakil Ketua DPRD Thohari Aziz, mengaku siap melaksanakan tugas atau amanah yang diberikan.

“Saya selaku kader pengurus partai pada dasarnya taat dan patuh terhadap aturan partai untuk menggantikan  Pak Thohari  Aziz yang mengundurkan diri dari anggota Fraksi PDI Perjuangan DPRD Balikpapan karena terpilih sebagai  Wakil Wali Kota Balikpapan dalam Pilkada 2020,” ujar Budiono usai penanaman pohon.

Ia mengaku, sebelum ditunjuk sebagai pengganti Thohari Aziz telah dilakukan fit and proper test oleh DPP PDI Perjuangan.

“Jadi tahapan sudah dilalui semua SK Partai sudah saya kantongi dan saya telah diinterview oleh DPP untuk menjadi Wakil Ketua DPRD Balikpapan dari Fraksi PDI Perjuangan dan saya siap mengemban amanah itu dengan sebaik-baiknya demi  kepentingan rakyat,” ujar anggota DPRD Dapil Balikpapan Barat ini.

Calon Anggota DPRD Balikpapan Pantun Gultom

Hal senada diungkapkan calon anggota DPRD Balikpapan Pantun Gultom yang akan menggantikan Thohari Aziz selaku anggota DPRD Dapil Balikpapan Selatan.

“Intinya setelah kami maju sebagai caleg (calon anggota legislatif) berarti kami telah siap menjadi anggota DPRD untuk melayani kepada masyarakat,” ujar Pantun.

Selain itu, sebelum bertarung pada pemilihan anggota legislatif (Pileg) pihak partai (PDI Perjuangan) telah melakukan pembekalan-pembekalan caleg.

“Jadi dalam pembekalan tersebut telah disampaikan bahwa kita ini harus melayani masyarakat dengan sebaik-baiknya jangan sampai ada aspirasi masyarakat yang terabaikan,” kata Pantun, kepada awak media, di sela-sela penanaman pohon di Taman III Damai.

Diakui Pantun, dirinya telah memiliki berbagai program untuk menyerap aspirasi masyarakat apabila telah sah duduk sebagai anggota DPRD Balikpapan.

“Saat kampanye Pilkada ada beberapa aspirasi yang disampaikan oleh masyarakat dan hal itu menjadi PR bagi saya apabila telah duduk sebagai anggota DPRD Balikpapan, tapi secara umum saya telah mengetahui  tugas dan fungsi DPRD  yaitu fungsi legislasi berkaitan dengan pembentukan peraturan daerah, fungsi anggaran berkaitan dengan kewenangannya dalam hal anggaran daerah (APBD) dan fungsi pengawasan berkaitan dengan kewenangan mengontrol pelaksanaan Perda dan peraturan lainnya maupun kebijakan pemerintah daerah,” pungkas Pantun.(sb-02)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

51 views

Berita terkini