DISKOMINFO KALTIM

Tingkatkan Keahlian, Diskominfo Kaltim Gelar Bimtek Geospasial

15
×

Tingkatkan Keahlian, Diskominfo Kaltim Gelar Bimtek Geospasial

Share this article
Bimtek penyelenggaraan informasi geospasial sesuai dengan prinsip satu data Indonesia yang digelar Diskominfo Kaltim

SAMARINDA,suarabalikpapan.com-Dalam rangka meningkatkan pemahaman dan pemanfaatan informasi geospasial, Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kalimantan Timur (Kaltim) menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) Penyelenggaraan Informasi Geospasial sesuai dengan Prinsip Satu Data Indonesia. Kegiatan ini berlangsung di Rock Meeting Room Ibis Hotel Samarinda, dimulai pada tanggal 6 November dan berlangsung selama 5 hari hingga 10 November 2023. Tujuan dari Bimtek ini adalah untuk meningkatkan kemampuan Jaringan Informasi Geospasial Daerah (JIGD) agar lebih efektif dan memperdalam pemahaman dalam pengelolaan informasi geospasial, kegiatan ini berlangsung selama lima hari.

Kepala Diskominfo Kaltim, Muhammad Faisal, menyatakan bahwa Bimtek ini adalah langkah konkret untuk meningkatkan kapasitas sumber daya manusia di bidang geospasial. “Melalui kegiatan ini, diharapkan para peserta dapat memperkuat pemahaman dan keterampilan dalam mengelola informasi geospasial dengan mematuhi prinsip Satu Data Indonesia,” ungkap Faisal di Rock Meeting Room Ibis Hotel Samarinda, Senin (6/11/2023).
Diskominfo Kaltim berharap peserta dapat menyusun JIGD yang baik dengan memanfaatkan ilmu-ilmu yang diberikan oleh Badan Informasi Geospasial (BIG).
Kepala Bidang Statistik Diskominfo Kaltim, M Adrie Dirga Sagita, menekankan pentingnya implementasi prinsip Satu Data Indonesia dalam Bimtek ini. Prinsip ini menekankan konsistensi, integritas, dan interoperabilitas data geospasial untuk mendukung pengambilan keputusan yang lebih baik di berbagai sektor.
“Salah satu poin utama yang ditekankan dalam bimtek ini adalah implementasi prinsip Satu Data Indonesia. Prinsip ini menekankan pentingnya konsistensi, integritas, dan interoperabilitas data geospasial untuk mendukung pengambilan keputusan yang lebih baik di berbagai sektor,” jelas Dirga.
Faisal berkomitmen untuk terus mendukung pengembangan dan pemanfaatan informasi geospasial secara berkelanjutan, khususnya di Kalimantan Timur, untuk memperkuat jejaring dan kolaborasi di bidang statistik. Kegiatan Bimtek ini melibatkan peserta dari Bidang Statistik Diskominfo Kaltim, akademisi, dan praktisi Unmul Samarinda, serta melibatkan narasumber dari Badan Informasi Geospasial (BIG) seperti Surveyor Pemetaan Pertama Syamsul Hadi dan Dhaniswara Wiradharma.
“Terima kasih atas partisipasi aktif dan semangat berbagi ilmu. Mari bersama-sama mewujudkan pemanfaatan informasi geospasial yang efektif dan berkelanjutan untuk pembangunan daerah. Selamat mengikuti kegiatan ini, dan semoga menjadi tonggak positif bagi kemajuan kita bersama,” pungkasnya.(adv/sb-02/diskominfokaltim)  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *