by

Vaksinasi di Paser Baru Mencapai 18, 2 Persen, Banyak Lansia Takut Divaksin serta Ada Daerah Sulit Dijangkau

TANA PASER,suarabalikpapan.com-Vaksinasi Covid-19 Sinovak di Kabupaten Paser untuk dosis 1 telah mencapai  18,2 persen, meliputi tiga kelompok yakni kelompok lansia sebanyak 4,3 persen, petugas pelayanan publik  24,0 persen, dan tenaga kesehatan  114,2 Persen.

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Paser, Amir Faisol, mengatakan, pelaksanaan vaksinasi untuk lansia pihaknya masih mengalami kendala sebab ada lansia yang takut divaksin serta ada daerah yang sulit terjangkau transportasi. “Kalau tidak ada yang mengantar maka para lansia ini tidak akan datang ke  puskesmas atau rumah sakit,” kata Amir Faisol saat rapat koordinasi dengan Forkopimda di rumah jabatan Wakil Bupati Paser, Desa Tapis, Kecamatan Tanah Grogot, Senin (20/4/2021) malam.

Agar para lansia ini bisa melakukan vaksinasi maka Dinkes Paser membuat program 21. Jadi bagi warga yang bisa membawa dua orang lansia ke puskesmas atau rumah sakit maka warga yang membawa akan divaksinasi gratis.

Menurutnya, 1 botol vaksin diperuntukan untuk 10 orang lansia, apa bila kurang maka harus menunggu sampai terpenuhi 10 orang lansia yang siap divaksin. “Sampai saat ini vaksinasi masih diperuntukan bagi  lansia, pelayan publik dan tenaga kesehatan sedangkan masyarakat umum masih menunggu giliran,” jelasnya.

Untuk tenaga pendidik sampai saat ini vaksinasi masih terus berjalan dan ditargetkan minggu ke dua bulan Mei semua tenaga pendidik telah selesai divaksinasi. ” Diperkirakan ada 6.000 tenaga pendidik yang akan divaksin sampai saat ini sudah mencapai angka 5.000 tenaga pendidik yang telah di vaksinasi” akunya.

Terkait adanya pembatasan untuk tidak mudik pihak Dinkes masih menunggu kepastian dari OPD terkait dan intinya pihaknya tetap mendukung upaya tersebut karna tujuannya untuk menekan angka positif covid 19 di Kabupaten Paser yang saat ini semakin hari semakin melandai. “Kami dari Dinkes masih menunggu keputusan itu dan intinya kami mendukung program tersebut,” pungkasnya.(adv/sb-06)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berita terkini