Provinsi Kaltim

Wagub Hadi : Cegah Stunting Bagian dari Mendukung IKN

38
×

Wagub Hadi : Cegah Stunting Bagian dari Mendukung IKN

Share this article
Wagub Kaltim H Hadi Mulyadi

SAMARINDA,suarabalikpapan.com-Kesiapan Pemerintah Provinsi Kaltim mendukung pemindahan Ibu Kota Nusantara (IKN) di Benua Etam, salah satunya adalah bagaimana menyiapkan sumber daya manusia (SDM) yang sehat, unggul serta berkualitas. Contohnya, pelaksanaan program pencegahan kasus Stunting atau tumbuh kerdil di daerah.

“Ini penting, agar ketika IKN berkembang, kita sudah siap SDM yang sehat secara fisik, memiliki mental kuat serta berkualitas. Karena telah dipersiapkan sebelum lahir,” ungkap Wagub Kaltim H Hadi Mulyadi usai membuka Konsultasi Publik RKPD 2024 Pemprov Kaltim, di Hotel Mercure Samarinda, dikutip suarabalikpapan.com  dari berita adpimprovkaltim, baru-baru ini.
Bagi Wagub Hadi, program penanganan Stunting penting, agar SDM nantinya untuk menuju Indonesia Maju 2045 dan Kaltim Berdaulat. Untuk itu, ujarnya, pada 2023 ini Pemprov Kaltim harus mampu mencegah kasus Stunting.
Bahkan, sesuai hasil survei status gizi Indonesia (SSGI) dari Kementerian Kesehatan RI yang menyatakan prevalensi Stunting Kaltim naik 1,1 persen. Awalnya 2021 sekitar 22,8 persen. Tapi 2022 tembus mencapai 23,9 persen.
Kondisi tersebut, masih diklarifikasi Pemprov Kaltim. Hasil survey menetapkan ada sejumlah daerah yang presentase prevalensinya baik, seperti Kutai Barat, Balikpapan, Samarinda dan Kutai Kartanegara. Sementara menurun Berau, Kutai Timur, Bontang, Mahakam Ulu, Penajam Paser Utara dan Paser.(sb-02/adv/kominfo-kaltim)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *