Provinsi Kaltim

Wagub Ingatkan ASN Menjadi Contoh Pemersatu, Bukan Provokator Penghancur Bangsa

37
×

Wagub Ingatkan ASN Menjadi Contoh Pemersatu, Bukan Provokator Penghancur Bangsa

Share this article
Wakil Gubernur Kalimantan Timur H Hadi Mulyadi

SAMARINDA,suarabalikpapan.com-Belajar dari pengalaman bangsa Indonesia, yang tidak terlepas dari permasalahan mempertahankan kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Sehingga memelihara persatuan dan kesatuan bangsa sudah menjadi kewajiban seluruh warga negara serta setiap anak bangsa Indonesia agar memiliki integritas.

Menurut Wakil Gubernur Kaltim H Hadi Mulyadi, tidak menutup kemungkinan itu harus dimulai dari para aparatur sipil negara (ASN). Bahkan ASN lanjutnya, harus menjadi contoh bagi perekat dan pemersatu bangsa.
“Bukan sebaliknya, menjadi provokator yang menghancurkan persatuan bangsa,” ungkapnya saat menyerahkan SK pengangkatan PNS dan pengambilan sumpah/janji PNS di Pendopo Odah Etam Kompleks Kantor Gubernur Kaltim Jalan Gajah Mada Samarinda, baru-baru ini.
Oleh sebab itu, Wagub mengingatkan seluruh aparatur sipil negara agar memiliki integritas tinggi terhadap NKRI. Orang nomor dua Benua Etam ini mengingatkan ini, kenapa?
“Sebab hal ini menjadi masalah dan perhatian bangsa kita,” jelasnya.
Dia pun kembali mengisahkan mungkin masyarakat dan para abdi negara terkait gerakan Aceh merdeka, ada pula gerakan Republik Maluku selatan. Termasuk organisasi Papua merdeka (OPM) yang saat ini masih merongrong keutuhan NKRI. Wagub pun mengajak warga Benua Etam selalu berdoa agar Kaltim tetap damai dan harmonis, serta tidak terjadi konflik seperti di daerah-daerah lain.
“Alhamdulillah, Kaltim menjadi salah satu provinsi di Indonesia yang sangat harmonis dan damai,” ujarnya.
Bahkan dibuktikan indeks keharmonisan Kaltim peringkat kelima dari 38 provinsi se Indonesia. Mantan legislator Karang Paci dan Senayan ini kembali mengingatkan bahwa keharmonisan bukan masalah biasa, bukan masalah kecil, tapi ini masalah besar dan luar biasa. Karenanya, setiap diri ASN wajib memiliki integritas yang tinggi dalam menjaga serta memelihara harmonisasi dan kerukunan di lingkungan kerja terlebih masyarakat.
“Terlebih memasuki masa-masa pesta demokrasi 2024. ASN tetap jaga netralitas dan bangun kerjasama serta kolaborasi yang harmonis di lingkungan kerja, masyarakat, bangsa dan negara,” harap suami Hj Erni Makmur ini.(sb-02/adv/kominfo-kaltim)    

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *