Kabupaten Paser

Wisata Belanja Sungai Tuak Segera Beroperasi

49
×

Wisata Belanja Sungai Tuak Segera Beroperasi

Share this article
Kawasan Wisata Belanja Desa Sungai Tuak akan doperasikan Pemkan Paser sebelum Ramadan tahun ini.

TANA PASER,suarabalikpapan.com-Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) memastikan, kawasan wisata belanja kuliner di Jalan Jenderal Sudirman, Kecamatan Tanah Grogot akan segera dipindah ke Desa Sungai Tuak, Kecamatan Tanah Grogot, sebelum bulan Ramadan ini.

Kepala Dispora Kabupaten Paser Muksin saat di konfirmasi mengatakan, pada bulan Maret ini atau target sebelum bulan puasa sudah bisa diresmikan wisata terpadu di  Desa Sungai Tuak tersebut. “Nama baru kawasan tersebut adalah Wisata Kuliner Sungai Tuak, sekarang masih proses persiapan dokumen lelang,” kata Muksin Minggu (5/3/2023).
Muksin melanjutkan, untuk pemenang lelang tertinggi ialah yang sanggup memberikan penawaran tertinggi. Diperkirakan sekitar Rp 110 juta per tahun yang harus disetor pengelola yang merupakan pemenang lelang kepada pemerintah daerah melalui Disporapar. Dalam lelang ini pemerintah daerah akan kembali mencari penawaran tertinggi yang bisa memberikan pemasukan untuk daerah.
“Meskipun nilai tinggi namun tetap dengan nilai yang proporsional,” ujarnya.
Beberapa catatan serta masukan untuk pengelola tahun ini kata Muksin juga akan disampaikan ke penawar lelang seperti lebih sering menggelar event untuk menarik pengunjung, kebersihan toilet, dan pelayanan lainnya ke pedagang yang menyewa. Terlebih lagi di lokasi tersebut nanti sudah disediakan panggung permanen, pengelola tinggal mencari pengisi musik atau pun seni.
“Pasti ada catatan dan saran untuk pengelola tahun ini, agar pelayanan kepada pedagang untuk wisata belanja di lokasi baru bisa lebih baik,”harapnya. Muksin menambahkan, meskipun masih masa pemeliharaan, ia memastikan pemindahan akan dilakukan lebih dulu untuk mendukung kemajuan UMKM. Sebanyak 60 lapak kontainer yang dibangun diperuntukkan kepada pedagang atau pelaku UMKM yang telah berjualan di kawasan Wisbel saat ini dan Disporapar tidak membuka slot pedagang baru. “Semuanya untuk yang sudah terdaftar di wisata belanja saja, namun jika ada yang kosong atau bergantian itu teknis antar penjual dan pengelolanya saja lagi,”pungkasnya.(sb-06/adv-kominfo-psr)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *