by

Yairus Minta Pemkab Paser Pertimbangkan Kelanjutan Kerjasama dengan Polnes

TANA PASER,suarabalikpapan.com-Anggota Komisi II DPRD Paser Yairus Pawe meminta Pemkab Paser agar mempertimbangkan keputusan untuk menghentikan kerjasama dengan Politeknik Negeri Samarinda (Polnes) di Kabupaten Paser akibat minimnya anggaran. “Sebelumnya saya telah berdiskusi dengan Ketua Komisi II DPRD Paser dan teman-teman anggota DPRD terkait permasalah ini. Ya seharusnya sebelum mengambil keputusan perlu berdiskusi dengan anggota dewan,” ujar Yairus Pawe, kepada awak media, Rabu (23/6/2021)

Menurutnya apa yang disampaikan Asisten Kesra Pemkab Paser Romif Erwinadi belum ada kesepakatan dengan DPRD Paser. “Setidaknya jangan membuat pernyataan yang seolah-olah sudah mendapatkan hasil akhir, ini harus kita bicarakan kembali dengan pihak terkait agar mendapatkan solusi yang tepat,” kata Yairus.

Lanjut Yairus, Kabupaten Paser akan menjadi penyanggah Ibu Kota Negara (IKN) tentunya membutuhkan SDM yang handal. “Sangat disayangkan sekali apabila sampai tidak dilanjutkan sebab Polnes merupakan perguruan tinggi negeri satu-satunya di Kabupaten Paser,”ujarnya.

Sebelumnya Asisten Kesra Pemkab Paser Romif Erwinadi mengatakan, mengenai  dihentikanya kerjasama dengan Polnes di Kabupaten Paser, dirinya hanya menyampaikan pesan dari Bupati Paser dr Fahmi Fadli. “Opsinya sekarang Pemkab Paser lebih memilih mengembangkan Balai Latihan Kerja (BLK) untuk meningkatkan SDM putra-putri di Kabupaten Paser agar siap kerja,” kata Romif Erwinadi, saat RDP dengan DPRD Paser,  pekan lalu.

Diakui Romif, pihaknya juga belum melakukan evaluasi, apakah lulusan Polnes di Paser seluruhnya sudah bekerja. Ia menegaskan,  opsi untuk mempertahankan Polnes Kampus Paser dengan melanjutkan Program Studi Luar Kampus Utama (PS-DKU) dinilai cukup berat sebab membutuhkan anggaran cukup besar sekitar Rp 2 miliar per tahun. Sedangkan untuk tahun 2021 membutuhkan anggaran kirang lebih Rp 1 miliar.

“Jadi kami dari Pemkab Paser tidak bisa menyiapkan anggaran sebesar itu sehingga opsi kami melalui pengembangan BLK. Apalagi saat ini sedang pandemi Covid-19,” pungkasnya.(sb-06)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berita terkini