by

1.866 Saksi PKB Paser Ikut Bimtek Pemungutan dan Perhitungan Suara Pemilu 2024

TANA PASER,suarabalikpapan.com-Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Kabupaten Paser menggelar bimbingan teknis (Bimtek) bagi 1.866 saksi yang akan bertugas di Tempat Pemungutan Suara (TPS) saat Pemilu Rabu 14 Februari 2024. Bimtek digelar di Ball Room Hotel Kriyad Sadurengas, pada Minggu (4/2/2024).

Ketua Lembaga Saksi Pemenangan PKB Kabupaten Paser, Kaharudin Bachtiar mengatakan, PKB Paser ingin meraih suara terbanyak di Paser seperti pada Pemilu 2019 lalu. “Ini merupakan upaya PKB Paser untuk kembali memenangkan Pemilu 2024,”Kata Kaharudin di sela-sela kegiatan.
Sementara itu, Sekretaris DPC PKB Paser Zulfikar Yuliskatin mengatakan, pelatihan ini melibatkan unsur penyelenggara Pemilu baik dari Bawaslu dan KPU Kabupaten Paser. Keterlibatan penyelenggara Pemilu untuk memberikan pemahaman mengenai peraturan dan undang-undang Pemilu serta proses pemungutan hingga perhitungan suara. Para saksi juga melakukan pemantauan terhadap kinerja KPPS. Apabila ditemukan pelanggaran oleh petugas KPPS, maka saksi akan melaporkan ke Bawaslu.
“Bimtek yang dilakukan hari ini merupakan puncaknya karena kami mengumpulkan seluruh saksi di satu tempat untuk melakukan bimtek,” ujar Zulfikar.
Para saksi, kata Zulfikar memiliki struktur lengkap mulai dari tingkat kecamatan hingga tingkat desa. Para saksi yang disiapkan PKB berusia muda dibawah 40 tahun. “Saksi kita muda semua karena tugas mereka agak berat seperti Pemilu 2019 lalu. Para saksi ini juga diwajibkan bisa mengoperasikan aplikasi HP Android,” katanya.
Seluruh pelaporan di DPC PKB Kabupaten Paser menggunakan aplikasi yang terkoneksi langsung dengan DPP PKB. “Mau dimana saja di seluruh Indonesia akan terdata di pusat,” tambahnya.
Zulfikar menambahkan pembekalan materi kepemiluan terhadap para saksi sangat penting guna menjaga kualitas Pemilu 2024. Terlebih lagi para saksi bukan berasal dari internal partai. “Kalau hanya sekadar menerima hasil siapa saja bisa, namun mereka juga harus mengerti tata kerja penyelenggara di tingkat TPS,” tambahnya.(sb-06)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berita terkini