DPRD Balikpapan

30 Mahasiswa Universitas Tadulako Kunjungi DPRD Balikpapan, Pelajari Ilmu Kehumasan dan Protokol

33
×

30 Mahasiswa Universitas Tadulako Kunjungi DPRD Balikpapan, Pelajari Ilmu Kehumasan dan Protokol

Share this article
Rombongan mahasiswa Universitas Tadulako berfoto bersama di sela-sela kunjungan ke Kantor DPRD Balikpapan pada Selasa (21/05/2024)

BALIKPAPAN,suarabalikpapan.com-Sebanyak 30 mahasiswa Universitas Tadulako Palu, Sulawesi Tengah (Sulteng), melakukan kunjungan edukatif ke Kantor DPRD Balikpapan pada Selasa (21/05/2024).Kunjungan ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan wawasan mereka tentang manajemen pelayanan publik.
Rombongan yang dipimpin Koordinator Tim PPL Universitas Tadulako Imam Sofyan disambut Ketua Tim Humas Protokol Sekretariat DPRD Kota Balikpapan Leni Fadilah, didampingi Ketua Tim Hukum dan Perundang-undangan Bagian Persidangan Julia.
Dalam kesempatan ini, para mahasiswa mengikuti diskusi singkat mengenai peran penting Humas dan Protokol di DPRD Kota Balikpapan, yang mencakup pelayanan publik serta layanan kepada anggota DPRD.
Siti Fadilah Maranatha, mahasiswi asal Morowali, mengungkapkan rasa terima kasihnya atas kesempatan tersebut. “Yang saya tanyakan dalam diskusi ini adalah peran Kehumasan di Sekretariat DPRD Kota Balikpapan,” ujarnya.
Koordinator Tim PPL Universitas Tadulako Imam Sofyan menjelaskan bahwa kunjungan ini merupakan bagian dari PPL yang berkaitan dengan manajemen pelayanan publik.
“Kami memilih Kota Balikpapan karena kota ini merupakan kota transit menuju IKN,”kata Imam.
Kunjungan ini berfokus pada tiga fungsi utama DPRD, yaitu legislasi, kontrol, dan penganggaran. Meskipun anggota DPRD tidak hadir, para mahasiswa diarahkan untuk memahami lebih tentang peran kehumasan di DPRD Kota Balikpapan.
“Dibalik kesuksesan DPRD ternyata ada tokoh-tokoh penting seperti humas dan protokol, termasuk peran media yang memfasilitasi proses DPRD menjalankan fungsinya,” tambah Imam.
Sementara itu, Ketua Tim Humas Protokol Sekretariat DPRD Kota Balikpapan Leni Fadilah menjelaskan berbagai tugas pokok Humas Protokol Sekretariat DPRD Kota Balikpapan. “Tugas kami meliputi pelayanan aktivitas anggota DPRD serta melayani masyarakat yang ingin berkomunikasi dengan wakil rakyat untuk menyampaikan aspirasi mereka,” katanya.
Selain berkunjung ke DPRD Kota Balikpapan, para mahasiswa mengunjungi Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bapedda), Dinas Penanaman Modal dan Perizinan Terpadu Satu Pintu (DPMPT-SP), serta Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kota Balikpapan.
Rombongan juga mengunjungi Kota Samarinda dan Universitas Mulawarman. Kunjungan ini diharapkan dapat memperkaya pengetahuan mahasiswa tentang pelayanan publik, khususnya dalam bidang kehumasan dan protokol.(sb-02)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *