by

373 Warga Binaan Rutan Tanah Grogot Terima Remisi Lebaran, 3 Orang Langsung Bebas

TANA PASER,suarabalikpapan.com-Sebanyak 373 Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) Rumah Tahanan (Rutan) Kelas IIB Tanah Grogot, menerima remisi Lebaran 1442 H pada Kamis,(13/5/2021).

Kepala Rutan Kelas IIB Tanah Grogot, Doni Handriansyah mengatakan, WBP yang menerima remisi rerdiri dari dua kategori, yaitu Remisi Khusus (RK) I dan RK II. “Untuk RK II ada 3 orang langsung bebas karena telah habis masa pidananya,” katanya, kepada awak media Minggu (16/5/2021).

Ia mengungkapkan untuk RK I menerima remisi bervariasi, untuk 15 hari sebanyak 87 orang, remisi 1 bulan 285 orang dan 1 bulan 15 hari hanya 1 orang. “Remisi mulai berlaku hari ini. Semua yang mendapatkan remisi beragama Islam, total WBP Rutan Kelas IIB Tanah Grogot  sebanyak 740 jiwa dan 373 diantaranya, menerima remisi Lebaran,” terangnya.

Ia mengatakan, pemberian remisi bagi narapidana, sesuai Undang-Undang RI Nomor 12 tahun 1995 tentang Pemasyarakatan, Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 32 tahun 1999 tentang syarat dan tata cara pelaksanaan hal WBP, Perubahan pertama, PP Nomor 28 tahun 2006, perubahan kedua, PP Nomor 99 tahun 2012. “Untuk RK II, mereka (narapidana) yang telah memenuhi persyaratan administratif dan substansif, sesuai ketentuan dan perundang-undangan yang berlaku,” jelasnya.

Untuk yang telah berstatus narapidana minimal sudah menjalani 6 bulan pidananya. Tidak melakukan pelanggaran selama menjalani pidana serta aktif mengikuti program dan kegiatan pembinaan. Bagi WBP yang telah bebas, ia meminta untuk menjadi insan yang taat serta dapat mempraktikkan pelatihan-pelatihan yang telah diberikan selama berada di Rutan Kelas IIB Tanah Grogot.

“Pelatihan-pelatihan yang diberikan, bisa dijadikan bekal melanjutkan kehidupan di tengah-tengah masyarakat. Dan menjadi lebih baik lagi,” harapnya. Pembekalan atau pelatihan yang diberikan selama di Rutan Kelas IIB Tanah Grogot. Diantaranya, budidaya ikan, pelatihan mebeler, membuat camilan atau makanan ringan serta pembinaan pada sektor pertanian.(sb-06)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berita terkini