DPRD Balikpapan

Abdulloh Ketua Panitia Pemilihan Wawali Balikpapan  

53
×

Abdulloh Ketua Panitia Pemilihan Wawali Balikpapan  

Share this article
Rapat paripurna pembentukan panitia pemilihan Wawali Balikpapan

BALIKPAPAN,suarabalikpapan.com-DPRD Balikpapan  menggelar rapat paripurna ke-14 Masa Sidang II/2023 dengan agenda Pembentukan Panitia Pemilihan (Panlih) Wakil Wali Kota (Wawali) Balikpapan Sisa Masa Jabatan Tahun 2021-2024  di Ruang Rapat Paripurna, pada Senin (24/7/2023).

Rapat yang dipimpin Ketua DPRD Abdulloh didampingi Wakil Ketua Subari menetapkan  dua unsur pimpinan dan perwakilan 7 Fraksi menjadi Panlih Wawali Balikpapan. Meliputi Ketua Abdulloh, Sekretaris Subari dengan anggota Andi Arif Agung (Fraksi Golkar), Wiranata Oey (Fraksi PDI Perjuangan), Muhammad Taqwa (Fraksi Gerindra), Laisa Hamisa (Fraksi PKS), Mieke Henny (Fraksi Demokrat),  Ardiansyah (Fraksi Gabungan PPP-Perindo) dan Puryadi (Fraksi Gabungan NasDem-PKB).
Ketua DPRD Abdulloh sekaligus Ketua Panlih Wawali Balikpapan mengatakan, Panlih bertugas melakukan penjaringan calon Wawali dengan membuat jadwal pendaftaran dari partai politik pengusung Wali Kota dan Wawali Balikpapan.
“Setelah semua data masuk dengan batas waktu yang ditentukan, kami akan membuat berita acara yang diteruskan ke Wali Kota Balikpapan untuk memilih dua nama calon Wawali,”kata Abdulloh.
Mengenai dua nama calon Wawali yang sudah diserahkan, menurut Abdulloh kedua nama tersebut baru dilakukan secara lisan, belum melalui mekanisme tata tertib pemilihan yang ada.
“Makanya sekarang kami tidak menggunakan lisan lagi, tetapi menggunakan tata tertib dan undang-undang yang berlaku, biar sah,” jelasnya.
Selanjutnya kata Abdulloh,  masing-masing partai politik pengusung akan mengusulkan dua nama atau mengganti calon wawali yang telah diusung.  Sekadar diketahui pergantian kepala daerah akibat berhalangan tetap, meninggal dunia, atau tersangkut kasus korupsi diatur dalam Pasal 78 jo. Pasal 76 ayat (1) Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintah Daerah.(sb-03).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *