by

Arfan Geram Perusahaan Jadikan Bahasa Mandarin Syarat Masuk Kerja

SANGATTA,suarabalikpapan.com–Beredar isu salah satu perusahaan swasta di Kabupaten Kutai Timur  membuat edaran lowongan pekerjaan (loker) dengan persyaratan wajib menguasai bahasa Mandarin. Yakni, untuk bagian operator mixer dan operator mesin agregat yang masing-masing sebanyak tiga orang. Edaran lowongan kerja tersebut diterbitkan pada 27 Mei 2021, dengan batas waktu hingga 5 Juni 2021.

Wakil Ketua II DPRD Kutim Arfan sangat menyayangkan adanya pernyataan salah satu perusahaan yang beroperasi di Kutim itu. “Saya mendengar ada sebuah perusahaan swasta yang saya kira ini tidak tepat kalau perusahaan menyampaikan karyawannya harus berbahasa Mandarin,” ungkapnya, Sabtu (5/6/2021).

Menurutnya, perusahaan seharusnya dapat menyesuaikan bahasa dimana mereka beroperasi, dikatakannya pihak mereka harus bisa memahami bahwa sedang berada di Negara Indonesia, sehingga dituntut untuk mampu menguasai bahasa lokal. “Ini harusnya berbalik, mereka yang diwajibkan untuk menguasai bahasa Indonesia,” tegas Arfan.

Dengan adanya persoalan ini, pihaknya berencana akan membahas lebih lanjut di DPRD Kutim bersama pemerintah terkait. “Ini akan kita sampaikan kepada rekan-rekan DPRD, dan akan kita sampaikan ke pemerintah bahwa itu tidak bisa diberlakukan di Kabupaten Kutai Timur,” ujarnya. (adv/sb-04)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berita terkini