by

Bupati Ardiansyah Dukung Usulan DPRD, Soal Program Perkebunan Sawit Mandiri

SANGATTA,suarabalikpapan.com-Bupati Kutai Timur  Ardiansyah Sulaiman menyatakan sependapat dengan usulan para anggota DPRD Kutim saat Musyawah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Kecamatan Kaliorang,  untuk memanfaatkan perkebunan sawit dalam menunjang perekonomian daerah.

Pola kebun kemitraan mandiri yang dilaksanakan berdasarkan Peraturan Bupati (Perbup) Kutai Timur memang dapat membantu produk domestik regional bruto. “Ini baru sekali anggota dewan mengusulkan, terkait kontribusi sawit di dalam PDRB,” kata Ardiansyah.

Ardiansyah pun mengungkapkan bahwa sektor sawit  lebih banyak memberi kesejahteraan terhadap masyarakat. “Sawit ini memang kecil tapi secara makro perkapitanya, masyarakat ini banyak yang di sawit. Tapi kalau melihat PDRB kita sekarang ini memang 83 persen itu ada di sektor pertambangan, tapi secara mikro perkebunan sawit lah yang lebih banyak memberikan kesejahteraan kepada masyarakat,” terangnya.

“Makanya kita harus juga bentuk pengelolaan industri untuk hasil sawit ini, contoh seperti Kipi Maloy atau bisa juga industri minyak sawit, agar PDRB-nya bisa setara dengan pertambangan,” tutup Ardiansyah.

Sebelumnya, Anggota DPRD Kutai Timur Dapil IV, Adi Sutianto mengusulkan program perkebunan sawit mandiri agar bisa masuk dalam skala prioritas pemerintah. Dia berharap, hal itu mampu meningkatkan ekonomi daerah, mengingat potensi lahan di Kutim yang masih terbentang luas. (adv/sb-04)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

5 views

Berita terkini