Kabupaten PPU

Deklarasi di Titik Nol IKN, Ratusan Anggota Ormas Sampaikan Anti Politik Identitas dan Siap Mendukung Pembangunan IKN

71
×

Deklarasi di Titik Nol IKN, Ratusan Anggota Ormas Sampaikan Anti Politik Identitas dan Siap Mendukung Pembangunan IKN

Share this article
Ratusan anggota ormas di Kaltim menggelar deklarasi di kawasan Titik Nol IKN, Kecamatan Sepaku, PPU, pada Jumat (24/2) siang. Mereka menolak politik identitas, siap menyukseskan Pemilu 2024 serta mendukung pembangunan IKN di Kaltim

SEPAKU,suarabalikpapan.com-Kurang lebih 500 anggota organisasi masyarakat (ormas) kedaerahan di Kaltim menggelar deklarasi ‘Anti Politik Identitas’ di kawasan Titik Nol IKN, Kecamatan Sepaku, Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU), pada Jumat (24/2/2023) siang. Ormas yang mengikuti deklarasi diantaranya Gepak Kuning, KPADK, Barmuda, Serdaduuq Adat dan LPADKT.

Sebelum deklarasi dilakukan sosialisasi kepada ratusan anggota ormas dengan tema ‘Antisipasi Bahaya Politik Identitas Dalam Rangka Mengawal Pemilu 2024 yang Bermartabat dan Berkualitas’ menghadirkan narasumber Ketua Umum Gepak Kuning Kaltim Suriansyah (Prof), Ketua KPU PPU Irwan Sahwana, Ketua Bawaslu PPU Edwin Irawan, Ketua MUI Balikpapan Habib Mahdar Abu Bakar Al Qadri didampingi Pemimpin Lamin 1001 Mandau Kaltim Panglima Mail.
Setelah sosialisasi disampaikan pernyataan sikap oleh ratusan anggota ormas yang dipimpin Ketua Umum Gepak Kuning Kaltim Suriansyah di Titik Nol IKN yang terdiri dari 4 poin. Pertama, menolak dengan tegas politik identitas pada Pemilu 2024. Kedua, mendukung suksesnya Pemilu 2024 dengan prinsip jujur dan adil yang tidak memecah belah persatuan dan kesatuan bangsa. Ketiga, mendukung pemerintah dalam pelaksanaan Pemilu 2024 yang aman dan kondusif hingga lahirnya pemimpin masa depan yang berpihak kepada rakyat dan Keempat, membantu pemerintah mewujudkan pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara di Kaltim.
“Kami mengapresiasi deklarasi anti politik identitas yang dilakukan rekan-rekan dari ormas. Saya berharap rekan-rekan yang melakukan deklarasi ikut berpartisipasi dalam pembangunan IKN di Sepaku ini,” ujar Ketua KPU PPU Irwan Sahwana usai deklarasi.
Hal senada diungkapkan Ketua Bawaslu PPU Edwin Irawan, ia mengaku sangat berterima kasih diundang dalam acara yang cukup special ini. “Ya memang kami Bawaslu sangat membutuhkan kegiatan-kegiatan seperti ini untuk mensukseskan Pemilu 2024,” kata Edwin.
Sementara itu, Ketua Umum Gepak Kuning Kaltim Suriansyah mengatakan, deklarasi kali ini merupakan inisiatif dari pihaknya yang bertujuan agar ormas-ormas menjaga NKRI  guna menghindari kelompok-kelompok tertentu yang menyuarakan politik identitas pada Pemilu 2024. “Artinya kami dari Gepak Kuning dan rekan-rekan ormas menolak adanya politik identitas ini. Selain itu kami juga mendukung 100 persen pembangunan IKN di Kaltim,” tandasnya.
Ketua MUI Balikpapan Habib Mahdar Abu Bakar Al Qadri yang hadir dalam kegiatan tersebut menyambut baik pelaksanaan deklarasi tersebut. “Saya kira deklarasi ini dapat memperkuat persatuan dan kesatuan sehingga tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan, terutama dalam Pemilu 2024. Saya berharap persatuan dan kesatuan ini tetap dijaga agar pembangunan IKN dapat berjalan dengan lancar dan aman,” harapnya.(sb-01)  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *