by

Dewan Kutim Apresiasi Berau Coal, CSR-nya Lebih Besar dari Perusahaan di Kutim

SANGATTA,suarabalikpapan.com–Anggota Komisi C DPRD Kutai Timur (Kutim) dari Fraksi Amanat Keadilan Berkarya (AKB), Jimmi ST, melakukan Reses II tahun sidang 2020, di Perumahan Munthe, Kecamatan Sangatta Utara, Kutim, Sabtu (14/03/2020). Dia membeberkan data mencengangkan tentang jumlah corporate social responsibility (CSR) perusahaan tambang.
Mengingat belum lama ini Jimmy dan sejumlah anggota Komisi C DPRD Kutim melakukan kunjungan kerja ke PT Berau Coal. Dalam kunjungan itu, dia meneliti jumlah CSR yang diberikan oleh PT Berau Coal, untuk dibandingkan dengan perusahaan tambang di Kutim.

Pembahasan itu yang dipaparkan Jimmy di dalam reses. Menjadi salah satu bahan pembahasan yang diperbincangkan dengan warga.
“Nilai CSR yang diberikan PT Berau Coal mencapai USD 16 juta. Sementara di sini, seperti di KPC hanya USD 5 juta. Ini kenapa perbandingannya timpang jauh,” ungkap Jimmy yang saat itu berdampingan dengan Wakil Ketua Komisi A DPRD Kutim Basti Sanggalangi, di hadapan masyarakat yang menghadiri reses pada siang itu.
Dia menyatakan, perusahaan wajib menyalurkan CSR sampai radius 30 meter dari lingkungan perusahaan. Kalau bisa terwujud seperti Berau Coal, maka keterbatasan anggaran pemerintah di Kutim akan bisa ditutupi dan terbantu oleh CSR.
“Kenapa pemerintah tak menarget lebih tinggi lagi ke pertambangan (CSR) kita agar bisa lebih efektif seperti Berau Coal,” ulasnya.


Dia menuturkan, Berau Coal telah mendapat award pemberi nilai CSR tertinggi di Indonesia. Maka hal itu perlu dijadikan contoh yang baik.
“Nanti kami akan perbandingan lagi dengan Indominco dan perusahaan tambang lainnya seperti Adaro juga,” ungkapnya.(Adv/sb-05)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berita terkini