Provinsi Kaltim

Forum Perangkat Daerah Bahas Renstra Dinas Pangan, Tanaman Pangan dan Hortikultura 2024-2026

73
×

Forum Perangkat Daerah Bahas Renstra Dinas Pangan, Tanaman Pangan dan Hortikultura 2024-2026

Share this article
FPD menggelar diskusi Renstra Dinas Pangan, Tanaman Pangan dan Hortikultura Tahun 2024-2026, di Hotel Grand Tjokro Balikpapan pada Selasa (22/2/2023).

BALIKPAPAN,suarabalikpapan.com-Forum Perangkat Daerah (FPD) menggelar diskusi Rencana Strategsi (Renstra) Dinas Pangan, Tanaman Pangan dan Hortikultura Tahun 2024-2026, dengan tema” Kolaborasi dan Kerjasama Untuk Meningkatkan Ketahanan Pangan di Kaltim” di Hotel Grand Tjokro Balikpapan pada Selasa (22/2/2023).

Kepala Dinas Pangan, Tanan Pangan Dan Holtikultura Provinsi Kaltim, Siti Farisyah Yana mengatakan, kegiatan ini untuk menguji renstra yang telah disusun selama ini apakah sudah memiliki unsur-unsur kepentingan  di pusat hingga daerah. “Selanjutnya kami juga meminta mereka (FPD) untuk mengkritisi apakah yang kami tetapkan sebagai tujuan kemudian isu-isu strategis kami itu sudah relevan dengan kondisi sekarang,” katanya.
Hal ini kata Siti Farisyah sebagai antisipasi dengan kondisi yang akan datang jadi hasil akhir dari rapat ini nanti akan menjadi satu dokumen resmi tentang rencana strategi dan paripurna. “Kami punya satu tantangan yang luar biasa selama ini kan pemenuhan pangan kita di tingkat stabil walaupun penyediaannya bukan dari lokal kaltim, tetapi kita juga masih tergantung dari pihak luar daerah. Kemudian dengan adanya IKN bagaimana nanti sampai tahun 2024 ada 2.500 orang penduduk baru yang akan datang ke Kota Balikpapan. Itu semua merupakan penduduk tetap harus kita sejahterakan juga,” akunya.
Dalam forum ini, lanjut Siti, banyak yang mengusulkan infrastruktur pertanian di lapangan memang perlu pembenahan mengingat infrastruktur kita belum sepenuhnya mendukung usaha pertanian yang efisien misalnya jalan usaha tani dan produksi yang sangat memakan biaya atau waktu apabila ingin mengeluarkan produk-produk kita dalam bentuk yang lebih fresh,” terangnya.
Pada tahun 2024 hingga 2026  merupakan periode antara perpindahan  pemerintahan yang satu dengan pemerintahan yang baru sehingga kita mencoba berjalan seperti biasanya kemudian menetapkan juga arah kebijakan yang memang berbasis kepada pencapaian-pencapaian dan berbasis juga pada periode-periode sebelumnya jadi tahapan tahapan itu berkesinambungan.
“Harapan kedepan forum perangkat daerah ini menjadi satu wadah komunikasi kami dengan kabupaten dan kota, karena kita tahu kabupaten dan kotalah yang memiliki perwilayahan secara fisik sehingga kita ingin menyatukan mensinergikan, mengkolaborasikan apa yang ada di kabupaten dan kota,” pungkasnya.(sb-02/adv/kominfo-kaltim)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *