by

Hari Lansia, Dinsos Paser Salurkan 100 Paket Sembako untuk Lansia

TANA PASER,suarabalikpapan.com-Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten Paser menyerahkan 100 paket sembako secara simbolis kepada kaum lanjut usia (lansia) pada Senin (21/6/2021). Bantuan sembako dalam rangka Hari Lanjut Usia Nasional ke-25 tahun ini, merupakan bantuan dari Dinas Sosial Provinsi Kaltim. “Alhamdulillah  Kabupaten Paser mendapat bantuan 100 paket sembako dari Dinas Sosial Provinsi Kaltim,” kata  Kepala Dinas Sosial Kabupaten Paser, H Haerul Saleh.

Untuk itu, dirinya mengucapkan terimakasih kepada Dinas Sosial Pemprov Kaltim yang telah memberikan  bantuan sembako kepada para lansia di Kabupaten Paser. “Kami berharap kedepan jumlah kuota ditingkatkan lagi,” harap Haerul Saleh.

Pendistribusian bantuan ini dibantu oleh Lembaga Kesejahteraan Sosial Lanjut Usia (LKS LU) Pandu Qolby Paser, yang dibentuk Yayasan Pandu Qolby Paser. “Kami langsung menyerahkan bantuan sembalo ini  ke LKS LU untuk segera disalurkan kepada lansia yang berhak menerimanya,”ucapnya.

Sementara itu, Ketua Yayasan Pandu Qolby Paser, Iwan Muhardi mengatakan, LKS LU Pandu Qolby Paser  merupakan lembaga kesejahteraan sosial yang memberikan pelayanan konseling, konsultasi, pemberian informasi, penjangkauan, perlindungan, dan pendampingan di Kabupaten Paser. “Menurut Data terpadu kesejahteraan Sosial (DTKS) jumlah Lansia di Kabupaten Paser sekitar 8.802 orang dan saat ini masih berlanjut proses verifikasi dan validasi “ucapnya.

Lanjut  Iwan Muhardi, dengan jumlah 10 kecamatan 5 kelurahan dan 139 desa di Kabupaten Paser sangat diperlukan kepedulian dan peran masyarakat dalam kesetiakawanan sosial, sebab lansia berusia di atas 60 tahun yang sudah tidak dapat memenuhi kebutuhan dasarnya seperti sandang, pangan, papan dan  terlantar secara psikis dan sosial.

Karena keberadaan lansia sering terdapat di dalam keluarga miskin hal itu sesuai dengan fakta di lapangan ada yang harus bekerja keras untuk mencukupi kebutuhan anggota keluarga yang masih menjadi tanggungannya seperti pasangan atau anak maupun para cucu.

“Ada pula karena disharmoni dalam hubungan silaturahmi dengan anak-anaknya membuat para lansia kesepian, kurang bahagia secara psikis maupun sosial dengan adanya bantuan ini di harapkan dapat membantu meringankan beban para lansia yang ada di Kabupaten Paser dan kami berharap kedepan kuota penerima dapat bertambah lagi,” pungkasnya.(sb-06)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berita terkini