by

Haris : Aset Daerah Diusulkan Dikelola Dinas atau Badan

BALIKPAPAN,suarabalikpapan.com–Komisi II DPRD Kota Balikpapan telah menggelar rapat koordinasi dengan sejumlah OPD di lingkungan Pemkot Balikpapan, Selasa (18/5/2021). Ketua Komisi II, H Haris mengatakan, rapat tersebut membahas tentang pembentukan panitia khusus (pansus) penyelamatan dan percepatan inventarisir aset daerah.

“Saran dari anggota pansus ada dua pertama membentuk dinas tersendiri khusus mengelola aset atau memperluas BPKAD dan kedua membentuk badan sendiri khusus menangani aset. Nantinya kita akan panggil salah satunya adalah BPKAD yang melakukan inventaris dan pendataan aset seluruh OPD-OPD di lingkungan Pemkot Balikpapan,” kata Haris.

Ia mengungkapkan aset yang akan didata berupa lahan yang sudah atau belum dimanfaatkan, sudah bersertifikat atau belum. Sebab sepengetahuan dirinya total aset yang dimiliki pemkot kurang lebih 800-an dan yang sudah bersertifikat baru 224. “Intinya dalam pendataan tersebut untuk mengamankan aset aset yang ada di Balikpapan dan juga nantinya kita akan melakukan peninjauan ke lapangan,” ujarnya usai rapat koordinasi.

Nantinya, kata Haris, akan dirumuskan bagaimana pengelolaan aset ini memiliki dinas tersendiri untuk menangani masalah tukar guling aset hingga Prasarana Sarana dan Utilitas (PSU) berupa perumahan. Mengenai jangka waktu pembentukan Pansus mulai April hingga Oktober dan apabila waktunya tidak mencukupi maka akan diperpanjang sebab berbicara aset ini sangat luas hampir semua OPD.

“Sampai saat ini sudah ada laporan kepada kami bahwa ada aset baik berupa lahan maupun gedung disewakan atau tidak. Nanti ada beberapa aset milik pemkot yang kita tinjau sebab peruntukannya tidak jelas,” pungkas Haris.(sb-02)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berita terkini