by

Haris : Realisasi PAD Triwulan II Baru Mencapai Rp191 Miliar

BALIKPAPAN,suarabalikpapan.com-Ketua Komisi II DPRD Balikpapan H Haris meminta instansi terkait agar memaksimalkan Pendapat Asli Daerah (PAD) yang ditargetkan Rp 692 miliar tahun 2021 ini.

“Diposisi triwulan II tahun ini baru terealisasi Rp 191 miliar dari Rp692 miliar yang ditargetkan, “ kata H Haris, saat Rapat Dengar Pendapat (RDP) dengan Dinas Perhubungan (Dishub), Dinas Lingkungan Hidup (DLH) dan Badan Pengelola Pajak Daerah dan Retribusi Daerah (BPPDRD) membahas realisasi  Pajak Daerah dan Retribusi Daerah 2021, di Gedung Parlemen, Kamis (25/6/2021).

Menurut Haris, hampir setiap tahun  realisasi retribusi daerah tidak mencapai target. Bahkan enam item pendapatan daerah Januari sampai Juni PAD dari OPD yang menarik retribusi masih jauh dari harapan.

Untuk itu, Haris berharap komisi lainya di DPRD Balikpapan agar mengawasi OPD mitra kerja dewan yang menarik retribusi seperti retribusi parkir dan sampah.

“Sampai saat ini penyumbang PAD terbesar adalah dari Bea Perolehan Hak atas Tanah dan Bangunan (BPHTB) sebesar Rp36 miliar. Sedangkan yang lain masih rendah,” terangnya.

Apabila kondisi seperti terus berlanjut sampai Desember, kata Haris, jangan harap APBD 2021 yang sudah ditetapkan dapat berjalan dengan baik. “Untuk memaksimalkan retribusi ini kami akan terus melakukan koordinasi dengan rekan-rekan komis dan OPD terkait yang menarik retribusi,”pungkas anggota DPRD Dapil Balikpapan Kota ini. (sb-03).

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berita terkini