by

Hj Kasma : Pembatasan Kegiatan Masyarakat Harus Selaras Antara Kesehatan dan Ekonomi Masyarakat

BALIKPAPAN,suarabalikpapan.com-Pemerintah Kota Balikpapan telah menerapkan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) di tingkat kelurahan hingga RT, pada Jum’at (13/2/2021).

Aturan itu sesuai Surat Edaran Wali Kota Balikpapan Rizal Effendi No. 300/392/Pem tentang PPKM berbasis mikro dan kota untuk pencegahan, pengendalian dan penanganan Pandemi Covid-19 di Kota Balikpapan.

PPKM berbasis mikro itu untuk menjaga keseimbangan antara kesehatan dan kehidupan ekonomi masyarakat. Aturan itu berlaku dua pekan 13  sampai 22 Februari 2021.

Surat edaran sesuai instruksi Menteri Dalam Negeri  (Mendagri) Nomor 03 Tahun 2021 tertanggal 5 Februari 2021 tentang PPKM berbasis mikro dan pembentukan posko penanganan Covid-19 di tingkat kelurahan untuk pengendalian penyebaran Covid-19.

Anggota Komisi II DPRD Balikpapan Hj. Kasma mengatakan, Surat Edaran Wali Kota Balikpapan tersebut diharapkan ada keselarasan di berbagai bidang, tanpa menghentikan roda perekonomian di masyarakat.

“Masih banyak masyarakat yang mata pencahariannya dengan berdagang, sopir angkot serta usaha online lainya,” kata Hj Kasma, kepada awak media, Jumat (12/02/2021).

Menurutnya, penghentian kegiatan masyarakat seperti pekan lalu dinilai kurang efektif. Sebab, dampaknya luar biasa terhadap perekonomian yang ada, terutama terhadap masyarakat menengah ke bawah.

“Kebijakan tersebut tidak bisa dilakukan hanya sepihak, harus melalui proses pertimbangan. Dalam penanganan penyebaran Covid-19 harus ada penyelarasan antara kesehatan dengan ekonomi masyarakat. Jangan sampai ada ketimpangan,” katanya.

“Saya mengapresiasi kebijakan Wali Kota Balikpapan dalam mengendalikan penyebaran virus Covid-  19 di Kota Balikpapan, karena tetap memperbolehkan masyarakat berkegiatan seperti biasa dengan catatan menerapkan protokol kesehatan yaitu 5M yautu memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak dan menghindari kerumunan membatasi mobilisasi dan interaksi,” ungkapnya.

“Saya berharap masyarakat tetap patuh terhadap kebijakan pemerintah melalui surat edaran yang baru itu, selama dua pekan demi memutus penyebaran Covid-19,” pungkasnya.(sb-02)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berita terkini