Provinsi Kaltim

HUT Kaltim, Agus Aras Soroti Pembangunan Infrastruktur hingga Pengawasan Sektor Pertambangan  

104
×

HUT Kaltim, Agus Aras Soroti Pembangunan Infrastruktur hingga Pengawasan Sektor Pertambangan  

Share this article
Anggota DPRD Kaltim Agus Aras

SAMARINDA,suarabalikpapan.com-Momentun HUT ke 66 Kaltim memberikan catatan tersendiri bagi anggota DPRD Kaltim, Agus Aras. Pembangunan infrastruktur menjadi perhatian khusus baginya. Ia menilai sektor pembangunan infrastruktur di Kaltim belum sepenuhnya berjalan dengan baik sesuai dengan harapan Pemprov Kaltim. Ada beberapa hal yang mesti mendapat perhatian serius, infrastruktur di Kaltim hingga saat ini masih belum memadai walaupun sektor lainnya sudah cukup baik.

Dari sisi peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM), tentu satu kemajuan bagi Kaltim yang telah mengalokasikan bantuan beasiswa bagi putra-putri daerah untuk mengenyam pendidikan baik di tingkat dasar, menengah hingga perguruan tinggi. “Kita tentu mendorong keinginan masyarakat dan merespons dalam segala hal,”katanya Senin (9/1/2023).

Disisi lain, Agus kembali menilai jika status Kaltim sebagai Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara tentu harus semakin agresif untuk bersaing dalam hal peningkatan SDM. “Kita terus mengingatkan Pemprov Kaltim agar menjadi perhatian yang serius dalam sisi peningkatan kualitas SDM demi menyambut IKN. Sehingga nanti SDM yang dimiliki Kaltim dapat mengambil peran,”usulnya.

Selain itu, ia menilai juga masih ada beberapa catatan terkait persoalan masih carut marutnya tata kelola pertambangan di Kaltim. Tentu itu juga harus menjadi perhatian serius oleh Gubernur Kaltim beserta jajaranya. “Masyarakat juga secara luas harus berperan aktif dalam pengelolaan dan pengawasan pertambangan di Kaltim. Sehingga hasil produksi pertambangan benar-benar bermanfaat dan bisa dinikmati masyarakat Kaltim,” sebutnya.

Tak kalah menjadi perhatian juga bahwa dengan semakin terbukanya proyek-proyek pembangunan IKN, agar tidak lagi bergantung terhadap hasil pangan dari provinsi lain di luar Kaltim. “Pemprov harus segera mempersiapkan sektor tersebut. Dengan semakin banyaknya peningkatan jumlah masyarakat tentunya hal ini harus menjadi perhatian serius,” pungkasnya.(sb-02/adv/diskominfokaltim)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *