by

Jelang Lebaran, Dishub Perbaiki PJU Cegah Lakalantas

TANA PASER,suarabalikpapan.com-Menjelang perayaan Lebaran 1442 H Pemerintah Kabupaten Paser melalui Dinas Perhubungan (Dishub)  mulai  melakukan perawatan dan perbaikan Penerangan Jalan Umum (PJU) di beberapa ruas jalan untuk mengurangi resiko kecelakan lalu lintas (lakalantas).

Kepala Dishub Kabupaten Paser, Inayatullah mengatakan, perawatan yang  dilakukan pihaknya untuk memperbaiki jaringan aliran listrik, serta penggantian lampu yang telah putus atau tidak bisa menyala. Hal itu disebabkan umur pakai barang yang sudah habis dan dipengaruhi oleh cuaca. “Kerusakannya terjadi biasanya bukan saja karena lampu atau material rusak tetapi bisa juga  karena jaringannya yang rusak,” katanya kepada media ini, Sabtu (1/5/2021).

Dia mejelaskan perbaikan PJU yang ada di Kabupaten Paser, sebelum Idulfiti 1442 H hanya dilakukan di empat ruas jalan berbeda, dan untuk yang lainnya akan dikerjakan setelah Lebaran. Saat ini, kata Inayatullah, pihaknya  sedang melakukan perbaikan di jalur dua depan Rumah Sakit Panglima Sebaya, dan Jalan Yos Sudarso Kelurahan Tanah Grogot. “Sebelumnya pada 26-27 April 2021 telah dilakukan perbaikan dan perawatan LPJU di Jembatan Sungai Tuak, Kecamatan Tanah Grogot,” ujarnya.

Ia menjelaskan, untuk perbaikan selanjutnya direncanakan pada 3-4 Mei 2021 di Kompleks Perumahan Union, dan untuk daerah yang belum dilakukan perbaikan dan pemeliharaan akan dijadwalkan kembali setelah Lebaran. ” Tepatnya Senin dan Selasa nanti kita lakukan perbaikan dan pemeliharaan di daerah perumahan” akunya.

Sampai saat ini ia mengaku untuk perbaikan dan perawatan yang telah di kerjakan, pihaknya belum bisa memastikan, karena kebutuhan setiap ruas jalan berbeda-beda tergantung dari kerusakannya sendiri. “Kalau jumlah berapa unitnya yang kami perbaiki tidak pernah kami hitung sebelumnya dikarenakan pemeliharaannya per ruas jalan,” pungkasnya.(adv/sb-06)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berita terkini