DPRD Balikpapan

Masih Banyak Jalan Tergenang Air Hujan, Budiono Minta Program Penanggulangan Banjir Dievaluasi

91
×

Masih Banyak Jalan Tergenang Air Hujan, Budiono Minta Program Penanggulangan Banjir Dievaluasi

Share this article
Wakil Ketua DPRD Kota Balikpapan Budiono

BALIKPAPAN,suarabalikpapan.com-Upaya penanggulangan banjir oleh Pemkot Balikpapan mendapat sorotan dari Wakil Ketua DPRD Kota Balikpapan Budiono.
Ia menilai langkah-langkah yang diambil selama ini belum efektif dan masih jauh dari sasaran. Budiono mengatakan, meski anggaran yang dialokasikan cukup besar, perencanaan untuk mengatasi banjir belum matang. Hal ini terbukti dari masih banyaknya akses jalan yang tergenang setiap hujan deras.
“Penanganan banjir seharusnya dilakukan dari hulu ke hilir. Namun, yang terjadi adalah fokus pada drainase di jalan MT Haryono sementara DAS Ampal, yang seharusnya dinormalisasi, belum tersentuh sama sekali,” ujar Budiono kepada awak media, Selasa (28/5/2024).
Ia juga mempertanyakan efektivitas anggaran multiyears yang mencapai Rp134 miliar pada tahun 2023. Menurutnya, laporan keterangan pertanggungjawaban (LKPJ) kepala daerah tahun lalu menunjukkan banyak kekurangan, terutama dalam perencanaan dan penyaluran anggaran.
“Dari sisi perencanaan belum matang, anggaran tidak tepat sasaran, dan manfaat bagi kesejahteraan masyarakat masih jauh dari harapan,” ujar Budiono.
Selain itu, Budiono menyoroti bahwa penanganan banjir yang kurang tepat sasaran ini merugikan masyarakat Balikpapan. Setiap kali hujan deras, genangan air yang terjadi tidak hanya mengganggu aktivitas sehari-hari tetapi juga berpotensi merusak infrastruktur jalan yang ada.
Hal ini, menurutnya, menunjukkan bahwa Pemkot Balikpapan perlu melakukan evaluasi menyeluruh terhadap program-program penanggulangan banjir yang ada.
Ia menegaskan bahwa kritik ini disampaikan demi kebaikan Kota Balikpapan.
Menurut Budiono, diperlukan perencanaan yang lebih matang dan terarah agar anggaran yang besar dapat digunakan dengan efektif dan benar-benar memberikan manfaat bagi masyarakat.
“Sebelum menjalankan proyek, sebaiknya lakukan kajian mendalam mengenai kondisi di lapangan,” pungkasnya.
Budiono berharap Pemkot Balikpapan lebih cermat dan teliti dalam merancang dan melaksanakan proyek penanggulangan banjir di masa mendatang.
Dengan perencanaan yang baik, ia yakin masalah banjir yang selama ini mengganggu kehidupan masyarakat Balikpapan dapat diatasi dengan lebih efektif dan efisien.(sb-02)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *