Provinsi Kaltim

Murid SDN 007 Balikpapan Utara Banyak Membaca Buku Cerita

48
×

Murid SDN 007 Balikpapan Utara Banyak Membaca Buku Cerita

Share this article
Murid-murid SDN 007 Balikpapan Utara sedang membaca di ruang perpustakaan

BALIKPAPAN,suarabalikpapan.com-Minimnya minat baca di SDN 007 Balikpapan Utara membuat beberapa murid di sekolah tersebut belum bisa membaca. Pengelolah Perpustakaan SDN 007 Balikpapan Utara Halimah Idris mengatakan,  murid di SDN 007 Balikpapan Utara masih minim minat bacanya. Sehingga membuat beberapa murid belum bisa membaca. “Kalau yang pinjam buku di perpustakaan ini masih banyak sekira 5 murid seharinya. Kemudian buku yang paling banyak dibaca murid adalah buku cerita. Yakni cerita dongeng, cerita Rakyat, dan sejarah,” katanya kepada wartawan, Kamis (2/3/2023).

Dia menerangkan,  murid-murid SDN 007 paling suka meminjam buku di perpustakaan untuk dibaca dirumah. Kemudian nanti dikembalikan setelah satu minggu.
Untuk buku yang ada disini, lanjut Halimah, pihaknya menganggarkan melalui dana BOS, dan juga ada bantuan dari wali murid. Namun yang paling banyak di perpustakaan ini, dianggarkan melalui dana BOS untuk buku pelajaran, sedangkan buku cerita bantuan dari wali murid.
“Untuk murid kelas satu di SDN 007 masih ada yang belum bisa membaca. Tapi kebanyakan sudah bisa membaca, faktor utama yang membuat tidak bisa membaca, karena kurangnya peran orang tua dalam mengajarkan anaknya membaca dirumah,” terangnya.
Menurutnya, peran orang tua harus bisa lebih aktif lagi dalam mengajarkan anak-anaknya untuk membaca sewaktu dirumah. Dirinya menambahkan, bahwa pihaknya akan membuat program membaca selama 15 menit sebelum jam pelajaran dimulai atau bisa juga sewaktu istirahat jam pelajaran.
“Padahal pihak sekolah sudah menyediakan pojok baca di setiap kelas. Namun murid masih saja minim untuk mau membaca. Pihaknya berharap dengan adanya program tersebut nantinya dapat menambah minat baca di SD 007 Balikpapan Utara,” harap Halimah.(sb-02/adv/dpk-kaltim)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *