Kabupaten Paser

Pastikan Pekerjaan lancar, Bupati Fahmi Tinjau Pembangunan Fasilitas Pendukung Wisata Terpadu

2814
×

Pastikan Pekerjaan lancar, Bupati Fahmi Tinjau Pembangunan Fasilitas Pendukung Wisata Terpadu

Share this article
Bupati Fahmi Fadli memberikan penjelasan kepada awak media di sela-sela peninjauan pembangunan fasilitas pendukung Wisata Terpadu di Desa Sungai Tuak, Kecamatan Tanah Grogot, pada Jumat (21/6/2024).

TANA PASER,suarabalikpapan.com-Sampai saat ini Pemkab Paser terus berupaya melakukan penataan pusat pemerintahan di Kabupaten Paser supaya terlihat lebih rapi, bersih, dan indah. Hal ini dibuktikan dengan melanjutkan pembangunan fasilitas pendukung Wisata Terpadu di Desa Sungai Tuak Kecamatan Tanah Grogot.
Proses pembangunan dilakukan peninjauan oleh Bupati Paser dr Fahmi Fadli untuk memastikan pengerjaan fasilitas pendukung wisata terpadu tersebut agar berjalan dengan semestinya.
“Pemkab Paser berencana membuat kawasan hiburan, olahraga dan permainan yang terpusat di Wisata Terpadu Sungai Tuak yang sedang berjalan pembangunannya,” Kata Bupati Fahmi disela-sela peninjauan, Jumat (21/6/2024).
Pembangunan wisata terpadu ini kata Bupati Fahmi untuk memfasilitasi Pedagang Kaki Lima (PKL) agar mereka tidak berdagang sembarangan di pusat pemerintahan sehingga membuat Wajah Kabupaten Paser terlihat kumuh dan tidak tertata.
“Wisata Terpadu Sungai Tuak ini akan menjadi kawasan hiburan, olahraga dan permainan, termasuk memfasilitasi PKL. Jadi semua terpusat, disini,” katanya.
Peninjauan kali ini, kata Bupati, untuk mengetahui hasil dari pembangunan fasilitas penunjang berupa paving blok yang menggunakan APBD Paser tahun 2023 dilaksanakan oleh Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (DPUTR) Kabupaten Paser.
“Sementara ini masih tahap pembangunan sebab sempat terkendala masalah lahan dengan masyarakat sekitar, ” akunya.
Tak hanya itu kata Bupati Fahmi, fasilitas penunjang lainnya yang dilakukan peninjauan, berupa lampu penerangan yang saat ini masih dalam tahap perencanaan pembangunan. Pengerjaan lampu penerangan menggunakan APBD Perubahan Paser tahun 2024 ini direncanakan tahun depan akan dilanjutkan dan perencanaannya akan menyusul pada APBD perubahan tahun ini.
Pembangunan Wisata Terpadu Desa Sungai Tuak dibangun diatas lahan seluas 19.655 meter persegi yang terbagi empat segmen. Pertama sudah dibangun di atas lahan seluas luas 4.891 meter persegi dengan kategori wisata kuliner.
“Tahun ini akan dibangun segmen kedua dengan luasan 3.286 meter persegi berupa parkiran, taman, lapangan mini soccer, dan tenis lapangan, ” ujarnya.
Bupati Fahmi menambahkan, untuk segmen ketiga dengan luas 3.152 meter persegi berupa playground, fitnes outdoor, skateboard, dan tambahan wc umum dan segmen empat dengan luasan 4.924 meter persegi untuk parkir, lapangan basket, voli, dan dermaga akan di bangun tahun berikutnya. Lalu masih ada sisa lahan seluas 3. 402 meter persegi untuk pedagang UMKM dan semua lahan itu sudah milik Pemkab Paser.(sb-06)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *