Kabupaten Paser

PT Pama Distrik Kideco Beri Pelatihan Quality Control Pelaku UMKM Sektor Perkebunan Sawit

3577
×

PT Pama Distrik Kideco Beri Pelatihan Quality Control Pelaku UMKM Sektor Perkebunan Sawit

Share this article
Para pelaku UMKM sektor perkebunan sawit berfoto bersama di sela-sela pelatihan Quality Control yang digelar PT Pama Distrik Kideco, di Aula Desa Sungai Terik, Kecamatan Batu Sopang, pada Kamis (20/6/2024).

TANA PASER,suarabalikpapan.com-PT Pama Distrik Kideco melalui Lembaga Pengembangan Bisnis (LPB) Pama Daya Taka (PDT) menggelar pelatihan quality control perkebunan sawit diikuti 14 pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) sektor perkebunan sawit, di Aula Kantor Desa Sungai Terik, Kecamatan Batu Sopang, pada Kamis (20/6/2024).
Koordinator LPB PDT, Rusdi Asri, mengatakan, pelatihan ini tidak hanya bertujuan untuk meningkatkan jumlah produksi, tetapi juga untuk memastikan bahwa produk yang dihasilkan memenuhi standar kualitas yang tinggi.
“Produktivitas yang tinggi harus diimbangi dengan kualitas yang baik agar produk kita bisa bersaing di pasar global,” kata Rusdi Asri disela-sela kegiatan.
Sementara itu, perwakilan CSR PT Pama Kide Rifauzar Yuzhar mengatakan, quality control dalam perkebunan sawit sangatlah penting. Sebab tidak hanya berfungsi untuk meningkatkan jumlah produksi, tetapi juga untuk memenuhi standar kualitas yang tinggi.
“Kualitas produk yang baik akan berdampak langsung pada peningkatan pendapatan petani dan kesejahteraan ekonomi mereka,” kata Rifauzar Yuzhar.
Rifauzar berharap pelatihan ini dapat memberikan manfaat bagi para pelaku UMKM di sektor perkebunan sawit. Melalui pelatihan ini, para petani dapat meningkatkan pengetahuan dan keterampilan mereka dalam menerapkan quality control, sehingga dapat menghasilkan produk sawit yang berkualitas tinggi dan memenuhi standar internasional. Selain itu, pelatihan ini juga diharapkan dapat membantu meningkatkan kesejahteraan ekonomi para petani sawit di wilayah tersebut.
“Dengan adanya pelatihan ini, PT Pama Kide dan LPB Pama Daya Taka menunjukkan komitmen dalam mendukung pengembangan sektor perkebunan sawit yang berkelanjutan dan ramah lingkungan,” katanya.
Rifauzar menambahkan, pelatihan ini juga menjadi salah satu langkah konkret untuk membantu pelaku UMKM dalam meningkatkan kualitas dan daya saing produk mereka di pasar global.
“Kegiatan seperti ini kedepan akan terus dilakukan secara berkala untuk mendukung pengembangan dan kesejahteraan petani sawit di Indonesia khususnya di Paser,” harapnya. (sb-06)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *