by

Pembangunan TPA Paser Belengkong Belum Jelas, Menunggu Pembahasan Selanjutnya

TANA PASER,suarabalikpapan.com-Pembangunan Tempat Pembuangan Akhir (TPA) sampah di wilayah Kecamatan Paser Belengkong sampai saat ini belum ada kepastian. Padahal, Dinas Perumahan Permukiman dan Pertanahan (Perkimtan), Pemerintah Kecamatan, DPRD bersama pihak desa telah menggelar rapat koordinasi membahas lokasi pembangunan TPA tersebut.

Kepala Dinas Perkimtan Kabupaten Paser Muhamad Fauzi mengatakan, sampai saat ini, pihaknya masih menunggu proses dari Pemerintah Kecamatan Paser Belengkong terkait lokasi pembangunan TPA. “Sebab yang tau persis lokasi pembangunan TPA adalah pihak kecamatan. Ya intinya kami siap melakukan pembebasan lahan tapi kembali lagi kepada kemampuan anggaran pemerintah,” kata Muhamad Fauzi, kepada awak media, Minggu (4/7/2021)

Setelah melakukan pertemuan dengan DPRD Paser, kata Fauzi, sampai saat ini belum ada pertemuan lanjutan membahas pembangunan TPA ini.  “Kalau lahan milik Pemkab Paser  yang akan digunakan untuk pembangunan TPA tentunya tidak akan repot untuk dilakukan pembebasan. Tapi kalau milik masyarakat pasti harus ada proses pembebasan yang memakan waktu cukup lama,” terangnya.

Lanjut Fauzi,  saat ini  belum ada lanjutan pembicaraan baik membahas anggaran hingga lokasi pembangunan TPA. “Pembangunan TPA ini memang harus dibicarakan terlebih dahulu dengan Bappeda-Litbang terkait kajian dan perencanaan serta BPKAD terkait ketersediaan anggaran. Apabila disetujui maka akan dimasukan pada Dokumen Pelaksanaan Anggaran (DPA). Setelah itu baru dilakukan penunjukan tim atau panitia pembebasan lahan untuk pembangunan TPA,” pungkasnya.(sb-06)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berita terkini