by

Pembentukan DOB Paser Selatan Tunggu Disahkan Presiden

TANA PASER,suarabalikpapan.com-Pembentukan Daerah Otonomi Baru (DOB) Paser Selatan sampai saat ini belum jelas. Sebab Presiden Joko Widodo belum menandatangani dua peraturan pemerintah (PP) sebagai turunan dari Undang-Undang Nomor 23 tahun 2014 tentang Pemerintah Daerah yang menjadi acuan pembentukan DOB.

Sekretaris DOB Paser Selatan, Arbain M Noor mengatakan, sampai saat ini, pihaknya masih menunggu dua PP tersebut masing-masing PP Desartada Desain Besar Penataan Daerah (Desartada) dan Desain Penataan Daerah (Detada). “Kami masih menunggu pengesahan dan penandatanganan PP itu dari Presiden Joko Widodo,” kata Arbain M Noor, kepada media ini, Selasa(25/5/2021)

Menurut informasi yang ia terima dari Forum Koordinasi Nasional Percepatan Pembentukan Daerah Otonomi Baru (Forkonas PPDOB) bahwa dua PP itu yang menjadi kendala pembentukan DOB Paser Selatan. “Ada juga yang mengatakan, ini masih moratorium pasca Presiden SBY. Karena Paser Selatan dengan 62 calon DOB sudah di masuk Program Legislasi Nasional (Prolegnas) jaaman SBY,” ujar Arbain.

Saat itu, calon DOB Paser Selatan saat didaftarkan, sesuai pedoman UU Nomor 32 Tahun 2004 tentang Pemerintahan Daerah. PP Nomor 78 tahun 2007 tentang Tata Cara Pembentukan, Penghapusan dan Penggabungan Daerah. Bahkan, dirinya mendapat saran dari DPR RI bahwa bisa dilanjutkan dan tetap berpedoman pada Undang-Undang Otonomi Daerah (UU-Otda) yang lama. Tapi, tak kalah pentingnya juga, DOB Paser Selatan diatur sesuai UU Nomor 23 tahun 2014. “Sayangnya. Lagi-lagi dua PP itu belum diterbitkan. Sudah sejauh mana perkembangan belum ada info,” akunya.

Baik UU Otda yang lama dan baru, kata Arbain, tidak ada menyebutkan harus 10 kecamatan. Namun, tetap 5 kecamatan. Sedangkan, cakupan DOB Paser Selatan meliputi Kecamatan Batu Sopang, Muara Komam, Muara Samu, Batu Engau dan Tanjung Harapan. “DOB Paser Selatan, kami deklarasikan 4 Desember 2012 lalu. Sampai sekarang tetap diperjuangkan,” tandasnya. Sebagai catatan, luas Wilayah DOB Paser Selatan 5.941 kilometer. Atau 51,2 persen dari luas Kabupaten Paser yang mencapai 11.603 kilometer.(sb-06)


Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berita terkini