by

Pemerintah Harus Aktif Lakukan Sosialisasi Cara Pencegahan Covid-19 di Kutim

SANGATTA,suarabalikpapan.com–DPRD Kutai Timur meminta pemerintah daerah untuk menyiapkan masker kepada masyarakat Kutai Timur untuk mencegah penyebaran corona virus disease (Covid-19).
“Ketika kami bertemu warga. Mereka mengatakan tidak mau keluar rumah karena tidak ada masker. Makanya kami minta Pemkab Kutim menyalurkan masker kepada masyarakat,” kata Anggota DPRD Kutai Timur Basti Sangga Langit, kepada media ini, kemarin.

Politisi PAN yang juga Ketua Forum RT Desa Sangatta Utara ini mengatakan, saat ini masker sangat langka di pasaran. Apabila ada yang menjual, maka harganya jauh lebih mahal dari biasanya.
Pria yang akrab disapa Basti ini mengatakan, untuk memudahkan penanganan Covid-19, sangat penting bagi pemerintah daerah untuk meningkatkan edukasi di masyarakat. Jadi Tak hanya mencegah penyebaran Covid-19, namun langkah-langkah dasar penanggulangan Covid-19 perlu disosialisasikan kepada masyarakat. Seperti dilarang berkumpul lebih dari 5 orang, rajin mencuci tangan, serta menggunakan APD berupa masker.
“Pemerintah juga perlu menjelaskan apa itu Orang Dalam Pengawasan (ODP), Pasien Dalam Pengawasan (PDP) serta pasien positif Covid-19. Mungkin petugas puskesmas bisa medatangi RT untuk menjelaskan mengenai ODP, PDP serta pasien positif Covid-19 tersebut,” tutur Basti.
Selain itu, ia juga mengingatkan pemerintah agar turun langsung ke masyarakat untuk melakukan kroscek rumah ODP apakah sudah dipasangi stiker atau belum.(Adv/sb-05)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berita terkini