by

Pemkab Paser – Bankaltimtara Luncurkan Dashboard PAD

TANA PASER,suarabalikpapan.com – Bupati Paser dr. Fahmi Fadli menandatangani Perjanjian Kerja Sama (PKS) dengan Kepala Bankaltimtara Cabang Tanah Grogot Yudhi Susatyo tentang peluncuran Dashboad Pendapatan Asli Daerah (PAD), di Pendopo Kabupaten, Senin (10/05/2021).

Bupati Paser dr. Fahmi Fadli mengatakan Dashboard PAD merupakan media untuk memonitor secara realtime PAD Kabupaten Paser. “Dengan adanya Dashboard ini, kami harap perangkat daerah dapat memaksimalkan PAD dengan berinovasi sehingga pendapatannya bisa digunakan untuk pembangunan,” kata Bupati Paser dr. Fahmi Fadli.

Bupati Fahmi meminta perangkat daerah bersinergi dalam pengawasan potensi PAD sebab masih banyak potensi yang bisa digali seperti pendapatan dari sarang burung walet, reklame, mineral hutan logam dan batuan, restoran atau rumah makan, tempat hiburan, yang semuanya selalu berkembang. “Perangkat daerah agar peran aktif koordinasi, bahu membahu meningkatkan PAD. Yang terpenting bagaimana informasi pentingnya membayar pajak bisa sampai ke masyarakat,” ujarnya.

Kepala Badan Pendapatan Daerah Afra Nahetha mengatakan pada tahun 2021 ini Pemerintah Daerah menargetkan PAD sebesar Rp147 Milar. “Tahun ini kami targetkan lebih besar dari tahun lalu, sekitar Rp147 Milar. Kalau tahun lalu Rp136 Miliar,” kata Afra.

Dashboard PAD, kata Afra akan digunakan Bupati dan Wakil Bupati Paser, Sekretaris Daerah, Asisten Pemerintahan dan Bapenda. “Kenapa harus dimantau. Di daerah lain PAD bisa langsung dilihat secara cepat. Seperti PAD restoran, sarang burung walet, reklame, itu pasti akan kita genjot. Harapan dengan aplikasi ini untuk mengurangi kebocoran dan vadilitas data,” ungkap Afra.(adv/sb-06)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berita terkini