by

Pemkab Paser Lakukan Pendataan Rumah Korban Angin Puting Beliung di Desa Padang Pangrapat

TANA PASER,suarabalikpapan.com- Beberapa waktu lalu Kabupaten Paser memiliki sejumlah rumah warga yang mengalami Kerusakan karena bencana alam angin puting beliung, di Desa Padang Pangrapat, Kecamatan Tanah Grogot, 5 April 2021 lalu guna dilakukan perbaikan. Sebanyak tiga OPD dilibatkan dalam kegiatan pendataan dan perbaikan nanti yakni Dinas Perumahan Kawasan Permukiman dan Pertanahan (DPKPP), Dinas Sosial serta Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD).

Kepala DPKPP Kabupaten Paser, M. Fauji,  mengatakan,  kegiatan pendataan untuk menindaklanjuti instruksi Bupati Paser yang ingin membantu warga korban bencana alam yang membutuhkan sinkronisasi data oleh tiga OPD tersebut.

“Satu tindakan baik ini, memang sudah seharusnya segera ditindaklanjuti. Namu perlu diingat bahwa jangan sampai apa yang diniatkan justru menjadi masalah dikemudian hari. Makanya disini perlu koordinasi dan mensinkronkan program dan pelaksanan pembangunannya. Supaya bisa sejalan dengan program Pemkab Paser,” kata M Fauji, kepada media ini,  di ruangannya, Kamis (6/5/2021).

Ia menjelaskan,  untuk pembangunan dan renovasi rumah warga yang rusak karena bencana alam, masuk dalam penanganan BPBD, sedangkan anggaran di DPKPP. “Jika dilihat berdasarkan sebabnya, maka ini masuk dalam penanganan oleh BPBD Paser. Karena memang nomenklatur yang mengatur penanganan ini tidak ada pada kami. Untuk itu kami berharap agar ada pertemuan untuk membahas terkait upaya pembangunan dan perbaikan rumah korban bencana alam ini,” harapnya.

Ia menyebutkan bahwa untuk korban angin puting beliung yang terjadi di Desa Padang Pangrapat Kecamatan Tanah Grogot tersebut terdapat 48 unit rumah yang mengalami kerusakan. 10 unit mengalami kerusakan berat dan sisanya mengalami kerusakan ringan.

Ia menjelaskan bahwa meskipun saat ini terdapat anggaran untuk penanganan bantuan korban bencana alam, tidak seluruhnya anggaran tersebut disalurkan pada korban angin puting beliung. Sebab di Kabupaten Paser juga terdapat warga korban kebakaran, banjir dan lainnya.

“Anggaran yang ada mencakup seluruh korban bencana alam di Kabupaten Paser. Jadi tidak hanya bagi korban bencana angin puting beliung saja, semoga saja semua bisa tertangani dengan baik,” harapnya.(adv/sb-06)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berita terkini