Kabupaten Paser

Pemkab Paser Operasikan 3 Halte Sungai

27
×

Pemkab Paser Operasikan 3 Halte Sungai

Share this article
Anggota DPR RI Irwan bersama Asisten Perekonomian dan Pembangunan Adi Maulana dan jajaran meresmikan halte sungai, pada Jumat (3/3/2023) sore

TANA PASER,suarabalikpapan.com-Sebanyak 3 hal sungai di Daerah Aliran Sungai (DAS) Kandilo diresmikan Anggota Komisi V DPR RI Irwan bersama Asisten Perekonomian dan Pembangunan Pemkab Paser Adi Maulana mewakili Bupati Paser dr Fahmi Fadli. Peresmian berlangsung  di Desa Senaken, Kecamatan Tanah Grogot, Jumat (3/3/2023) sore.

Asisten Perekonomian dan Pembangunan Pemkab Paser, Adi Maulana mengatakan, sebagian masyarakat di Kabupaten Paser saat ini masih memilih transportasi sungai, hal inilah menjadi dasar dibangunnya tiga halte sungai di Paser. Tiga halte tersebut terdapat di Desa Senaken, Pasir Belengkong dan Muara Pasir. “Tiga halte sungai itu semuanya bermuara di Sungai Kandilo,” kata Adi Maulana usai peresmian. Menurutnya tiga halte sungai tersebut merupakan akomodasi utama bagi warga pesisir Paser, khususnya masyarakat Desa Muara Pasir, mengingat akses darat yang harus dilalui masyarakat Desa Muara Pasir mengalami kerusakan. Sehingga dapat membahayakan pengguna jalan dan menjadi kendala atau penghambat perputaran ekonominya.
“Dengan adanya halte sungai ini tentunya perputaran ekonomi tidak terhambat karna ada akses alternatif melalui sungai,” ujarnya. Tak hanya memberikan manfaat bagi warga pesisir, lanjut Adi, adanya halte sungai di tiga wilayah perairan Paser berdampak positif di berbagai aspek kehidupan. Selain sebagai penunjang aksesibilitas di bidang infrastruktur, halte bermanfaat di bidang kesehatan, karena akan memudahkan naik turun penumpang yang sakit dan akan berobat ke Puskesmas atau rumah sakit.
“Ini juga dapat menjadi sarana objek wisata, karena halte sungai ini dilalui oleh aliran Sungai Kandilo yang merupakan ikon wisata Kabupaten Paser,semoga ini dapat menjadi daya tarik wisata masyarakat,” harapnya.
Sementara itu Anggota Komisi V DPR RI, Irwan mengatakan, hadirnya halte sungai memberikan manfaat bagi Pemkab Paser, khususnya masyarakat dalam hal moda transportasi, misal dari pesisir ingin ke pusat kota kabupaten. “Kita ketahui bersama saat ini akses darat belum begitu optimal di daerah yang pesisir,” ujar Irwan. Menurutnya, lokasi halte sungai Desa Senaken sangat strategis, pasalnya terintegrasi dengan terminal angkutan dan pasar. Dengan hadirnya halte sungai dapat pula terintegrasi dengan wisata, tinggal bagaimana pemerintah daerah mengoptimalkan potensi-potensi lainnya. Ia berpesan untuk dapat merawat halte sungai yang telah terbangun dan tak menutup kemungkinan akan kembali  dibangun halte sungai di Paser.
“Selama memang ada ketersedian lahan dan sangat dibutuhkan masyarakat, kami siap bantu pembangunan halte di Paser, mudahan tahun depan bisa dibangun lagi, minimal dua halte sungai,” harapnya. Irwan menambahkan, pembangunan suatu daerah dapat terwujud jika semua dapat bersinergi, mulai dari tingkat kabupaten/kota, provinsi hingga pemerintah pusat.
“Pemerintah daerah tidak boleh dibiarkan sendiri saja, saya pikir hari ini ada banyak yang bisa kita berbuat bersama untuk Kabupaten Paser,” tambahnya.
Sementara itu, Wakil Ketua DPRD Paser, H Abdullah mengucapkan terimakasih kepada anggota Komisi V DPR RI, Irwan yang telah membantu Kabupaten Paser. “Biasanya anggota DPR RI ini  kita datangin, ke pusat baru ketemu, sekarang ini dia ketemu kita, sehingga memang pembangunan yang ada di Paser mudah-mudahan dapat  bertambah, sehingga persoalan di daerah itu bisa teratasi dengan baik,”harap Abdullah.(sb-06/adv/kominfo-psr)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *