by

Pemkab Paser Segera Relokasi Pedagang Pasar Senaken

TANA PASER,suarabalikpapan.com – Pemerintah Kabupaten Paser segera merelokasi para pedagang pasar Induk Penyembolum Senaken ke lapak yang baru dibangun dan diresmikan Wakil Bupati Paser Kaharuddin pada akhir Desember 2020. “Saat ini sedang proses kelengkapan berkas persyaratan untuk pedagang yang akan dipindahkan,” Kepala UPTD Pasar Induk Penyembolum Senaken M. Arsyad, Jumat (25/06/2021).

Para pedagang yang direlokasi merupakan korban kebakaran pasar Senaken pada 2018 lalu. Saat ini sudah 60% pedagang dinyatakan memenuhi syarat dan siap direlokasi di dua blok yakni blok A dan blok B. “Kami masih memilah pedagang yang memenuhi persyaratan sekitar 40 % lagi untuk nantinya siap ditempati,” tutur Arsyad.

Dikemukakan Arsyad UPTD pasar akan menyelesaikan pendataan pedagang pada 30 Juni 2021. “Jika pendataan pedagang telah selesai, relokasi  pedagang ke dua lapak itu bisa segera direalisasikan. Kami juga telah menyosialisasikan soal retribusi kepada  pedagang,” ungkapnya.

Diketahui kebakaran yang melanda pasar itu pada 11 Januari 2018 lalu menghanguskan 300 lapak hingga mengakibatkan para pedagang mengungsi di kios sementara. Pada tahun 2020, Pemkab Paser kembali membangun dua blok yang terbakar itu. Pembangunannya rampung pada akhir tahun, dan diresmikan Wakil Bupati Paser Kaharuddin pada 28 Desember 2020.(adv/sb-06)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berita terkini