Kabupaten Paser

Peringati HPSN, DLH Paser Lakukan Penanaman Pohon hingga Sedekah Sampah

48
×

Peringati HPSN, DLH Paser Lakukan Penanaman Pohon hingga Sedekah Sampah

Share this article
Kepala DLH Kabupaten Paser Achmad Safari melakukan penanan pohon di Kompleks Perkantoran gedung E dan F Pemkab Paser, Senin (20/2/2023)

TANA PASER,suarabalikpapan.com-Memperingati Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) 21 Februari, Dinas Lingkungan Hidup (DLH) bersama dengan Unit Pelaksana Tugas Daerah (UPTD) Perkantoran Kabupaten Paser menggelar aksi penanaman pohon di areal perkantoran kompleks gedung E dan F Pemkab Paser.   Kegiatan tersebut dihadiri pimpinan OPD di Gedung E dan F seperti  Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) Toto Ifrianto, Sekretaris Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kamaluddin, Sekretaris Dinas Komunikasi Informatika Statistik dan Persandian (Diskominfostaper) Bambang Abdul Cholik, serta kepala UPTD Perkantoran Edi Supangat.  

Kepala DLH Kabupaten Paser Achmad Safari mengatakan, selain penanaman pohon, peringatan hari peduli sampah nasional di kabupaten Paser juga diisi rangkaian kegiatan berupa sedekah sampah, dan aksi bersih sampah dipusatkan di Pasar Penyembolum Senaken.  
“Kegiatan ini merupakan salah satu dukungan DLH Paser beserta para OPD terkait dalam rangka HPSN,” kata Safari, Senin (20/2/2023).  
Ia melanjutkan, untuk jenis pohon yang ditanam sebanyak sebanyak 78 jenis pohon seperti ketapang mini, pucuk merah, trembesi, mahoni, kapur,rambutan, mangga, alpukat dan kelengkeng.   “78 lubang tanam kami siapkan dengan jenis tanaman yang ditanam di area tersebut, yakni ketapang mini 15 pokok, pucuk merah 10 pokok, trambesi 15 pokok, mahoni 20 pokok, kapur 10 pokok,  rambutan 3 pokok mangga 1 pokok, alpukat 1 pokok serta klengkeng 3 pokok,” jelasnya.  
Safari menambahkan dengan adanya kegiatan ini masyarakat Kabupaten Paser dapat peduli dengan sampah, serta membuang sampat pada tempatnya dan dapat memilah sampah agar dapat didaur ulang.   “Dengan adanya HPSN diharapkan, Paser dapat bersih dari sampah yang dihasilkan oleh masyarakat dengan memilah dan mendaur ulang ulang,”harapnya.  
BUKA POSKO SEDEKAH SAMPAH
Menurut Kepala DLH Achmad Safari, pembukaan posko sedekah sampah di Komplek Perkantoran Gedung E Lantai 2 Jalan Kesuma Bangsa Km 5 Kecamatan Tanah Grogot sekaligus mengajak masyarakat melaksanakan kegiatan gerakan angkat sampah bersama-sama di kawasan Pasar Induk Senaken sekaligus mengikuti lomba kreasi daur ulang sampah plastik.  
“Jadi jika ada yang mau sedekah sampah bisa didaur ulang dan bernilai ekonomis, bisa disumbangkan ke kami,”ujar Achmad Safari, Senin (20/02/2023).
Hasil dari sedekah itu akan diuangkan, kemudian dikumpulkan untuk disumbangkan kepada anak-anak yatim di panti asuhan.   Untuk itu, dalam rangka HPSN 2023, pihaknya menggelar kegiatan sedekah sampah dengan cara mendonasikan sampah yang masih bernilai ekonomis agar semua elemen masyarakat untuk sadar membuang sampah pada tempatnya.  
“Kita berupaya meningkatkan kepedulian dan kesadaran masyarakat dalam menjaga kelestarian lingkungan terutama mengurangi permasalahan sampah. Hal ini sejalan dengan arahan bapak Bupati untuk menciptakan pembangunan yang mempertahankan kelestarian lingkungan,” pungkasnya.(sb-06/adv/kominfo-psr)  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *