by

Salat Idulfitri di Masjid Agung Nurul Falah Paser Terapkan Prokes Ketat, Wajib Jaga Jarak dan Pakai Masker

TANA PASER,suarabalikpapan.com-Masjid Agung Nurul Falah Kabupaten Paser akan menggelar Salat Idulfitri 1442 H. Sekretaris Panitia Ramadan 1442 H Masjid Agung Nurul Falah, Imansyah mengatakan, petugas yang terlibat dalam kegiatan salat Id diberikan SK oleh panitia kegiatan Ramadan. “Jadi dimulai dari petugas saff, pengedar celengan, petugas katib dan imam sudah disiapkan, jadi tinggal pelaksanaannya saja,” kata Imansyah, Minggu (9/5/2021).

Karena masih pandemi Covid-19 sehingga harus menerapkan Prokes ketat,seperti jaga jarak dan memakai masker. “Halaman masjid bagian timur, utara dan selatan akan digunakan untuk salat id dengan menjaga jarak,” ucapnya.

Surat edaran pelaksanaan salat id dari Kemenag Kabupaten Paser tetap diperbolehkan untuk melaksanakan kegiatan salat id berjamaah dengan syarat harus mematuhi prokes yang ketat, dan tidak ada tradisi bersalaman. “Di sini yang kami tekankan menjaga jarak dan memakai masker melalui para petugas pengatur saff salat, dan kami menganjurkan setelah pelaksana salat langsung membubarkan diri tidak perlu bersalaman,” pintanya.

Untuk durasi khutbah salat id biasanya 30 sampai 60 menit tapi kali ini dibatasi hanya 20 menit. Ia mengimbau kepada seluruh masyarakat kabupaten paser ketika melakukan salat id agar tetap mematuhi protokol kesehatan, selalu menggunakan masker dan menjaga jarak. “Apabila merasa dirinya kurang sehat kami panitia menyarankan untuk tidak hadir dalam salat id berjamaah di masjid agung,” pintanya.


Panitia Ramadan 1442 H Masjid Agung Nurul Falah sedang mengumpulkan zakat fitrah, zakat mal, dan fidiyah

Pada kesempatan tersebut Imansyah mengaku, pihaknya telah membuka penerimaan zakat fitrah, zakat mal, fidiyah pada Kamis (29/4/2021) lalu. Saat ini, panitia sedang memastikan siapa saja yang benar-benar berhak menerima, sesuai data penerima zakat yang masuk ke panitia.

Pada tahun lalu, kata Imansyah, sesuai data yang ada sebanyak 8 ton beras dan kurang lebih Rp100 juta uang tunai diterima panitia kegiatan Ramadan Masjid Agung Nurul Falah dalam penerimaan zakat fitrah,zakat mal, fidiyah, dengan jumlah penerima zakat fitrah sebanyak 1.400 orang. “Diperkirakan tahun ini akan meningkat dibandingkan tahun lalu yang berzakat ke masjid agung,”ujarnya. Ia menambahkan bagi warga yang berhak menerima akan didata oleh RT sebab yang paling mengetahui kondisi warga adalah pengurus RT. (sb-06)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berita terkini