Provinsi Kaltim

Semua Peduli Sampah, Kaltim Mampu Bangun Pembangkit Listrik

36
×

Semua Peduli Sampah, Kaltim Mampu Bangun Pembangkit Listrik

Share this article
Wagub Kaltim H Hadi Mulyadi

SAMARINDA,suarabalikpapan.com-Pemerintah Provinsi Kaltim terus mendorong pemberdayaan masyarakat, selain berinovasi juga kreatif memanfaatkan potensi di lingkungan sekitar menjadi sesuatu yang produktif. Misalnya untuk penerangan listrik, Pemprov Kaltim mencoba berinovasi bukan dari tenaga uap, air maupun sinar matahari, tetapi, dari sampah.

“Jika kita semua peduli sampah, maka kita bisa jadikan energi listrik,” kata Wagub Kaltim H Hadi Mulyadi baru-baru ini usai menutup Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) Kalimantan 2023.
Seperti pengelolaan sampah organik secara baik dan berkesinambungan mampu menjadi bahan baku pembangkit listrik. Sebab, jika melihat produksi sampah di Kota Samarinda, Balikpapan dan Bontang, maka memiliki peluang untuk dikembangkan potensi ini.
“Bukan hanya tingkat kota saja, kabupaten juga bisa. Karena itu, suplai sampahnya juga harus rutin. Sebab, jika tidak ada suplai, maka pembangkit listriknya tidak bisa beroperasi,” pesannya.
Karenanya, Wagub Hadi mengajak masyarakat Kaltim peduli sejak dari rumah tangga dengan memilah dan memilih sampah.
“Ketika semua itu dapat dilakukan, maka tidak menutup kemungkinan Kaltim membangun pembangkit listrik dari limbah,” ungkapnya. (sb-02/adv/kominfo-kaltim)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *