by

Tingkatkan Cakupan Vaksinasi Lansia, Pemkab Paser Siapkan Hadiah Sepeda

TANA PASER,suarabalikpapan.com-Puluhan unit sepeda gunung berbagai tipe dan berbagai peralatan rumah tangga menumpuk di ruangan Dinas Kesehatan Kabupaten Paser. Semua barang-barang tersebut merupakan doorprize untuk masyarakat Paser khususnya lanjut usia (lansia) yang mau mengikuti vaksinasi dosis 1 maupun dosis 2.

Hal tersebut diungkapkan Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Paser dr I Dewa Made Sudarsana saat ditemui diruangannya. Menurutnya, hal ini dilakukan oleh Pemkab Paser untuk menarik minat para lansia agar mau divaksinasi. Sebanyak 38 unit sepeda disiapkan oleh Pemkab Paser yang berasal dari para OPD, perusahan serta perbankan dalam upaya mendukung dan mensukseskan program vaksinasi bagi para lansia.

Berdasarkan data DKK Paser, kata Dewa pertanggal 3 Januari 2022. Cakupan vaksinasi lansia dosis 1 baru mencapai 45,88 persen. Pemerintah pusat telah menetapkan bahwa cakupan vaksinasi lansia harus mencapai 60 persen.

“Mengapa harus 60 persen karena hal ini berdasarkan hasil evaluasi dari Pemprov Kaltim. Hampir 70 persen yang terpapar Covid-19 merupakan lansia dan meninggal dunia merupakan lansia yang tidak divaksin,” kata Dewa kepada media ini, pada Rabu (5/1/2022)

Lanjut Dewa, sampai hari ini kekurangan cakupan vaksinasi lansia sebanyak 1.950 orang yang tersebar di 10 Kecamatan di Kabupaten Paser. “Apabila kekurangan tersebut dapat kita penuhi di akhir bulan Januari ini, tentunya dapat segera menekan paparan Covid-19 di masyarakat khususnya lansia yang sangat rentan terpapar,” ujarnya.(sb-06)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Berita terkini