by

Tujuh Rekomendasi Pansus PMS : Audit Internal Keuangan dan Kinerja hingga Restrukturisasi Direksi

BALIKPAPAN,suarabalikpapan.com-Panitia Khusus (Pansus) Perusahaan Umum Daerah (Perumda) Manuntung Sukses (PMS) menggelar rapat paripurna, di ruang rapat gabungan komisi Lt 2 Gedung Parlemen Balikpapan, pada Rabu (28/7/2021).

Ketua Pansus PMS DPRD Kota Balikpapan Aminuddin mengatakan, pihaknya sudah enam kali melakukan pertemuan dengan Dewan Pengawas PMS, Direksi PMS, Bagian Hukum, Inspektorat serta melakukan kunker ke Kabupaten Maros, Sulawesi Selatan membahas masalah lahan yang dikelola PMS.

“Dari beberapa kali pertemuan dan kunjungan ke Maros, kami akhirnya menghasilkan 7 rekomendasi kepada Pemkot Balikpapan. Diantaranya melakukan audit internal keuangan dan kinerja PMS, melakukan restrukturisasi jajaran Direksi PMS sesuai Perda Nomor 4 Tahun 2018 tentang PMS serta Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) menyampaikan aset-aset yang terdaftar di Perusda,” kata Aminuddin, kepada awak media, di Gedung Parlemen Balikpapan, pada Rabu (28/7/2021).  

Selain itu, kata Aminuddin, Direksi PMS juga diminta menyelesaikan beberapa persoalan, terkait masalah lahan dan perumahan yang dikelola PMS, mengusulkan pergantian jajaran Direksi PMS. Kemudian apabila hasil audit ada kerugian keuangan daerah, maka Wali Kota memberikan sanksi kepada jajaran Direksi PMS. “Beberapa rekomendasi ini kami telah sampaikan ke Pemkot dan tinggal menunggu keputusan dari Wali Kota tentang PMS ini,”ujar Politisi Partai Gerindra ini.

Sementara itu, Wakil Ketua DPRD Budiono mengatakan, Pansus PMS dibentuk pada 12 April 2021. Pansus telah beberapa kali menggelar Rapat Dengan Pendapat (RDP) dengan Dewan Pengawas dan Direksi PMS serta intansi terkait.

“Jadi hasil dari beberapa kali pertemuan dengan Dewas dan Direksi PNS serta instansi terkait, Pansus memberikan masukan kepada Wali Kota terkait evaluasi kinerja dan audit keuangan PMS agar kedepan PMS dapat memberikan kontribusi kepada Pemkot Balikpapan khususnya dalam peningkatan Pendapatan Asli Daerah (PAD),” harap Ketua DPC PDI Perjuangan Kota Balikpapan ini.(sb-03).

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berita terkini