by

Wayang Kulit Gelaran Sekretariat DPRD Balikpapan, Hadirkan Tiga Dalang ‘Beken’ Kota Minyak

BALIKPAPAN,suarabalikpapan.com-Sekretariat DPRD Kota Balikpapan menggelar wayang kulit semalam suntuk, di halaman parkir rumah jabatan Ketua DPRD Balikpapan, Jalan ARS Muhammad, pada Sabtu (26/03/2022) malam.

Ketua DPRD Balikpapan Abdulloh mengatakan, pagelaran wayang kulit tersebut sebagai ujicoba dimulainya pentas-pentas seni dan budaya serta kegiatan lainnya. “Pagelaran wayang kulit ini ujicoba, setelah Covid-19 dapat dikatakan tidak ada lagi dan inshaallah hangus di muka bumi ini termasuk di Balikpapan,” kata Abdulloh, kepada awak media, di sela-sela pagelaran wayang kulit.

Ia menuturkan, panitia sudah mendapat izin dari Satgas Penanganan Covid-19 Kota Balikpapan untuk menggelar wayang kulit semalam suntuk yang  dihadiri 1.000 hingga 2.000 orang. “Kami panitia mengundang masih agak was-was. Tapi Kasatpol PP menyatakan boleh  1.000 sampai 2.000 orang untuk hadir. Malam hari ini adalah malam perdana pagelaran wayang kulit semalam suntuk yang langsung dinakhodai tiga dalang beken Kota Balikpapan,” ujar Abdulloh.

Dirinya berharap setelah kegiatan wayang kulit semalam suntuk ini akan diikuti kegiatan-kegiatan lainnya. “Mudah-mudahan setelah ini bisa ada pagelaran-pagelaran seni budaya lainnya. Mengingat Kota Balikpapan penduduknya hetrogen sehingga beragam budaya nusantara siap digelar. Semua budaya ada di Balikpapan, budaya lokal, hingga budaya daerah-daerah lain,” ujarnya.

Wayang semalam suntuk ini juga dihadiri Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkompida), Ormas, paguyuban, LPM, RT hingga tokoh masyarakat. “Mudah-mudahan semangat pentas seni wayang kulit semakin berkembang dan jangan putus asa. Semoga covid-19 ini bisa benar-benar hilang,” kata dia.

Ia menambahkan, meskipun hanya uji coba, namun antusiasme masyarakat terlihat cukup tinggi. “Masyarakat kangen atas pertunjukan pementasan budaya asli Indonesia ini sehingga mereka menyempatkan diri untuk menyaksikannya dengan mematuhi protokol kesehatan (prokes) Covid-19,” pungkasnya.(sb-02)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Berita terkini